IMF: Prospek Pertumbuhan Ekonomi India Membaik

Kamis, 03 September 2015 - 11:20 WIB
IMF: Prospek Pertumbuhan Ekonomi India Membaik
IMF: Prospek Pertumbuhan Ekonomi India Membaik
A A A
WASHINGTON - International Monetary Fund (IMF) menilai bahwa prospek pertumbuhan ekonomi India dalam jangka pendek membaik, namun ketidakseimbangan makroekonomi tetap masih ada.

Hal tersebut dikatakan IMF menjelang pertemuan para menteri keuangan dari negara G-20 di Turki hari ini. "Di India, prospek pertumbuhan jangka pendek tetap menguntungkan dan kerentanan eksternal telah menurun, beberapa ketidakseimbangan makroekonomi tetap ada," kata IMF dalam laporannya seperti dikutip dari Business Today, Kamis (3/9/2015).

"Sementara inflasi jatuh lebih cepat dari yang diperkirakan, telah menciptakan ruang untuk mempertimbangkan pemotongan di tingkat kebijakan nominal, tekanan inflasi jangka menengah dan inflasi berisiko naik," terang laporan tersebut.

"Tekanan neraca di sektor korporasi dan perbankan, regulasi sektor keuangan di India harus ditingkatkan, pengadaan meningkat, dan pemulihan utang diperkuat", ujar dia.

Berdasarkan laporan itu, pertumbuhan global pada semester pertama 2015 lebih rendah dari semester kedua 2014, mencerminkan perlambatan lebih lanjut di negara berkembang dan pemulihan yang lemah di negara maju.

IMF mengatakan, mata uang emerging market secara umum menyusut, mencerminkan melemahnya harga komoditas, kekhawatiran tentang transisi pertumbuhan di China, dan lainnya.

Sebaliknya, kondisi keuangan di negara maju terus menjadi mudah. Di sisi lain, melemahnya permintaan, suku bunga riil yang aman tetap rendah, meskipun beberapa terjadi pelebaran.

"Pertumbuhan di negara berkembang telah melambat dengan perbedaan yang ditandai di negara dan wilayah," ujarnya.

"Di India, permintaan domestik cepat, didukung oleh ketentuan positif yang besar shock perdagangan (sebagian besar karena runtuh harga komoditas impor)," kata laporan itu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1037 seconds (0.1#10.140)