Ini Jurus Luhut Cegah Turis Bule Kembali Bikin Ulah di Indonesia

Senin, 03 April 2023 - 15:24 WIB
loading...
Ini Jurus Luhut Cegah Turis Bule Kembali Bikin Ulah di Indonesia
Luhut B. Pandjaitan meminta biaya visa negara yang warganya bikin masalah di Indonesia dinaikkan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kegeramannya melihat video yang belakangan viral di media sosial tentang wisatawan asing yang merendahkan polisi. Luhut meminta kepada kementerian/lembaga untuk tidak boleh tinggal diam terhadap perbuatan melanggar hukum, apalagi ditambah dengan menghina institusi negara.



"You want to steal money?" Ucap seorang wisatawan asing kepada seorang polisi beberapa waktu lalu di Bali. Setelah menonton video itu saya sampaikan kepada seluruh jajaran K/L yang hadir dalam rakor terkait penertiban wisatawan mancanegara di Bali hari ini, bahwa kita tidak boleh membiarkan siapa pun meremehkan negara ini," kata Luhut di Instagram miliknya @luhut.pandjaitan, Senin (3/4/2023).

Lebih daripada itu, Luhut juga minta untuk diterapkannya pajak untuk diterapkan kepada wisatawan asing yang masuk ke Indonesia. Menurutnya, pajak itu akan sangat berguna membiayai pengembangan destinasi dan promosi wisata seperti yang sudah diterapkan di industri pariwisata beberapa negara.

"Saya juga meminta agar dilakukan segera pengkajian untuk kenaikan biaya visa bagi beberapa negara yang sering kali bermasalah. Hal tersebut penting dilakukan agar wisman yang datang terseleksi dengan baik," tambahnya.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan bahwa langkah dan upaya ini akan berhasil jika kita punya semangat yang sama, yaitu menjunjung tinggi martabat Indonesia di mana pun kita berada. Tunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang sangat menjaga nilai luhur budaya, tradisi, dan peraturan.



"Jika wisatawan mancanegara ingin menikmati keindahan panorama alam Indonesia, maka mereka terlebih dulu harus memahami dan menghormati budaya, tradisi, dan peraturan yang ditegakkan di negara ini," tegas Luhut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)