BKPM: Pencopotan Menteri ESDM Arcandra Tak Ganggu Investasi

Selasa, 16 Agustus 2016 - 13:00 WIB
BKPM: Pencopotan Menteri ESDM Arcandra Tak Ganggu Investasi
BKPM: Pencopotan Menteri ESDM Arcandra Tak Ganggu Investasi
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menegaskan pencopotan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar oleh Presiden Joko Widodo kemarin tidak akan menggangu investasi usaha di dalam negeri. Dia mmenambahkan sejauh ini, tidak ada masalah setelah keputusan presiden mencopot menteri yang baru menjabat selama 20 hari tersebut.

(Baca Juga: Menteri ESDM Arcandra Tahar Dicopot!)

Lebih lanjut dia menerangkan program pemerintah sudah jelas, sehingga otomatis program-program akan diteruskan meskipun ada pencopotan menteri yang dilakukan oleh presiden. "Enggak ganggu lah, kan program pemerintah sudah jelas, kami akan meneruskan sesuai keputusan kabinet yang sudah berjalan tentang program energi," kata dia di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Menurutnya minat investor dibidang energi, jauh lebih ditentukan oleh faktor-faktor lain, seperti harga minyak, dan berapa tarif yang ditawarkan ke investor soal kebijakan energi. "Jadi saya yakin bahwa program investasi energi tidak akan tertanggu (dengan pencopotan menteri ESDM)‎," tutupnya singkat.

Sebelumnya pemberhentian Arcandra Tahar dari jabatan Menteri ESDM, karena dirinya telah berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat (AS). Hal tersebut diumumkan langsung oleh Juru Bicara Presiden RI Johan Budi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kemarin.

Mensesneg Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi telah memperoleh informasi dari berbagai sumber mengenai status kewarganegaraan Arcandra Tahar. Atas dasar hal tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memutuskan untuk memberhentikan menteri hasil perombakan (reshuffle) kabinet jilid II tersebut.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0514 seconds (0.1#10.140)