Jelang Idul Adha, Peternak Resah Harga Kambing Turun

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 09:02 WIB
Jelang Idul Adha, Peternak Resah Harga Kambing Turun
Jelang Idul Adha, Peternak Resah Harga Kambing Turun
A A A
JOMBANG - Menjelang Hari Raya Idul Adha, para peternak kambing di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengeluh karena harga kambing justru mengalami penurunan di bandingkan tahun lalu. Kondisi ini tentu saja membuat para peternak cemas, karena Idul Adha tinggal dua pekan lagi.

Harapan para peternak kambing meraup berkah di Idul Adha mendatang pun menjadi sulit terwujud. Harga kambing saat ini lebih rendah dibandingkan pada Idul Adha tahun lalu.

Ali Badrun, salah seorang peternak kambing di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, mengaku bingung dengan kondisi turunnya harga kambing saat ini.

Menurutnya, setiap tahun ia rutin menyetok ratusan ekor kambing untuk digemukkan dan dijual saat Idul Adha.Dan setiap menjelang Idul Adha, para pedagang dan pembeli kambing dari berbagai daerah akan datang dan memborong kambing dari para peternak di Desa Sumbermulyo.

“Ada yang untuk dijual kembali dan ada juga yang untuk dijadikan hewan kurban sendiri,” katanya, Sabtu (27/8/2016).

Namun dengan harga kambing yang turun tahun ini dibandingkan tahun lalu, membuatnya menjadi sulit. Pada tahun lalu, kambing ukuran sedang biasanya laku dijual Rp2,5 juta per ekor, kini hanya dihargai Rp2,2 juta per ekor.

Turunnya harga kambing tersebut, menurut Ali disebabkan banyak masyarakat yang kini lebih memilih sapi dibandingkan kambing. Mereka membeli sapi dengan cara iuran patungan beberapa orang. Dengan jumlah biaya iuran yang sama, mereka membeli sapi yang lebih banyak dagingnya dibandingkan kambing.

“Kami sih berharap harga kambing dapat naik seperti tahun lalu biar peternak tidak merugi,” tukasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7029 seconds (0.1#10.140)