BRI Dukung Kemensos Luncurkan e-Warong KUBE PKH di Kediri

Minggu, 25 September 2016 - 06:10 WIB
BRI Dukung Kemensos Luncurkan e-Warong KUBE PKH di Kediri
BRI Dukung Kemensos Luncurkan e-Warong KUBE PKH di Kediri
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mendukung Kementrian Sosial (Kemensos) dalam peluncuran program e-Warong KUBE (Kelompok Usaha Bersama) PKH (Program Keluarga Harapan) di Kediri, Jawa Timur.

Peluncuran ini merupakan tindaklanjut dari komitmen pemerintah untuk terus menekan angka kemiskinan di Indonesia, setelah sebelumnya diluncurkan di kota Makassar, Padang, Palembang, Lampung, Batam, dan Balikpapan.

"Dalam acara ini Bank BRI secara simbolis memberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diserahkan secara langsung oleh Kuswiyoto kepada perwakilan warga masyarakat yang membutuhkan," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga dalam rilis yang diterima Sindonews, Minggu (25/9/2016).

Dia melanjutkan, e-Warong KUBE PKH merupakan salah satu program Kementerian Sosial yang bertujuan untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai kepada masyarakat yang kurang beruntung secara tepat, cepat, dan mudah melalui KKS.

Sebagai salah satu bank pelaksana program, Bank BRI turut aktif untuk mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk terus terlibat dalam implementasi e-Warong KUBE PKH.

Pemegang KKS-BRI dapat menggunakannya untuk bertransaksi di e-Warong KUBE-PKH. Selain itu, dapat juga digunakan untuk bertransaksi di 10.628 unit kerja konvensional, 23.126 jaringan ATM BRI dan 65.341 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kegiatan operasional e-Warong menerapkan pengelolaan keuangan secara digital, menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi anggota keluarga miskin khususnya peserta PKH, dan sebagai tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha ekonomi produktif peserta PKH. Sebagai informasi, ada berbagai bansos pemerintah yang disalurkan melalui KKS-BRI.

"Yang pertama adalah bansos Program Keluarga Harapan atau PKH. Yang kedua bantuan siswa miskin melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dan yang ketiga bansos Beras Sejahtera atau RASTRA," jelas Harry.

Seluruh bansos tersebut menurutnya hanya diperuntukkan untuk keperluan non konsumtif, dimana nantinya semua jenis bansos hanya akan memanfaatkan KKS-BRI.

Sementara itu, kerja sama antara BRI dengan Kementerian Sosial RI bukan hanya kali ini saja, Bank BRI telah menjadi mitra perbankan Kementerian Sosial sejak tahun 2007 sampai dengan saat ini.

Beberapa program penyaluran Kementerian Sosial diantaranya, dari tahun 2007 sampai dengan 2010, Bank BRI telah menyalurkan KUBE sebanyak lebih kurang Rp1 triliun. Dan pada 2011 sampai dengan 2012, menyalurkan PKH lebih kurang Rp835 miliar kepada sekitar 600 ribu keluarga sangat miskin.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4367 seconds (0.1#10.140)