Kemendag Sebut Target Ekspor Indonesia Tumbuh 500% Ambisius

Selasa, 27 September 2016 - 14:50 WIB
Kemendag Sebut Target Ekspor Indonesia Tumbuh 500% Ambisius
Kemendag Sebut Target Ekspor Indonesia Tumbuh 500% Ambisius
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Arlinda mengatakan, target yang diusung Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terkait nilai ekspor Indonesia mencapai USD750 miliar serta tumbuh 500% pada 2030, terkesan ambisius. Menurutnya bukan hal mudah mencapai target tersebut dan dibutuhkan kerja sama dari semua pihak.

"Ini sebetulnya ambisius ya. Tapi masih bisa. Karena untuk mencapai pertumbuhan 500% dalam 15 tahun artinya pertumbuhan ekspor ‎nasional rata-rata harus mencapai 30-35% per tahun. Ini butuh kerja sama semua pihak," kata ‎Arlinda dalam diskusi Trade and Export For All di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

(Baca Juga: Kadin Pede Nilai Ekspor Indonesia Capai USD750 Miliar)

Lebih lanjut dia menerangkan memang harus ada pemikiran yang diluar kebiasaan jika ingin mencapai target ini. Hal ini karena banyaknya kendala eksternal dan internal yang masih menyambangi kinerja ekspor dalam negeri.

Sedangkan dari segi global, dia menambahkan saat ini pertumbuhan perekonomian yang belum kondusif membuat harga komoditas Indonesia dihargai dengan nilai murah. "Walaupun kuantitasnya banyak, tapi pendapatan yang dihasilkan masih belum meningkat, ini juga jadi kendala," sambungnya.

Dari sisi internal, diterangkan pelaku usaha juga masih kesulitan dengan iklim usaha yang masih diperbaiki oleh pemerintah melalui sejumlah deregulasi. Infrastruktur pendukung dalam meningkatkan efisiensi pun masih belum didapatkan secara maksimal.

"Hasilnya harga produk dalam negeri kerap lebih tinggi dibandingkan produk sejenis dari negara lain. Sejumlah hambatan ini lah yang harus dibicarakan secara serius oleh pemangku kebijakan dan pelaku usaha," pungkas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)