Sri Mulyani Pamer Dana Tax Amnesty RI Lewati Capaian Negara Lain

Kamis, 29 September 2016 - 18:38 WIB
Sri Mulyani Pamer Dana Tax Amnesty RI Lewati Capaian Negara Lain
Sri Mulyani Pamer Dana Tax Amnesty RI Lewati Capaian Negara Lain
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, program tax amnesty di Indonesia telah melewati capaian dari yang pernah dilakukan beberapa negara lain. Padahal kebijakan pengampunan pajak di Tanah Air saat ini baru berlangsung satu periode dari tiga putaran.

(Baca Juga: Dirjen Pajak Semringah Dana Tax Amnesty RI Tertinggi di Dunia)

Dia mengatakan, jumlah uang tebusan tax amnesty saat ini sudah mencapai Rp87 triliun berdasarkan nilai realisasi berdasarkan surat setoran pajak (SSP) hingga pagi ini. Capaian ini menurutnya sudah cukup untuk melewati raihan kebijakan pengampunan pajak di Chile yang diluncurkan tahun lalu.

"Indonesia dengan jumlah uang tebusan Rp87 triliun, ini 0,65% dari PDB, mendekati Chile 0,62%, ini diluncurkan tahun lalu. Ini kita baru satu periode pertama," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

(Baca Juga: Ini Daftar Negara Sumber Terbesar Dana Tax Amnesty)

Tak hanya Chile, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan raihan tersebut juga menyalip program tax amnesty di India yang diterapkan 1997 silam. Jumlah persentase saat itu hanya 0,58%.

"India pada 1997 mencapai uang tebusan 0,58%. Negara lain yang dipakai sebagai contoh yakni Italia 0,20% dari PDB, uang tebusan yang dikumpulkan Afrika Selatan juga capai 0,17% terhadap PDB," papar dia.

(Baca Juga: Strategi Sri Mulyani Sambut Periode II Tax Amnesty)

Selain itu lanjut dia, Indonesia telah melangkah lebih jauh dari yang sudah dilakukan oleh Australia, Spanyol, Jerman, dan Belgia. Keempat negara ini tidak melebihi persentase 0,15%. "Australia 0,04%, Spanyol 0,12%, Belgia 0,15%, Jerman 0,04%. Indonesia juga capai posisi tertinggi 21% terhadap GDP kita dari jumlah deklarasi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6930 seconds (0.1#10.140)