Geser Jack Ma, Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya di China

Minggu, 13 November 2016 - 16:26 WIB
Geser Jack Ma, Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya di China
Geser Jack Ma, Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya di China
A A A
SHANGHAI - Wang Jianlin, pendiri dan ketua dari Dalian Wanda Group menjadi orang terkaya di China dengan aset senilai 215 miliar yuan (USD31,7 miliar). Peringkat tersebut dilaporkan oleh Hurun Report.

Seperti dikutip dari Asia Nikkei, Minggu (13/11/2016), daftar orang terkaya China dikeluarkan setiap tahun oleh Hurun Report yang berbasis di Shanghai, yang dipimpin oleh akuntan Inggris Rupert Hoogewerf. Target peringkat pengusaha China dengan total aset lebih dari 2 miliar yuan.

Kepala properti dan internet bisnis mendominasi tempat teratas. Di mana, Jack Ma Yun, ketua eksekutif dari raksasa belanja online Alibaba Group Holding adalah terkaya kedua, dan Pony Ma Huateng, CEO raksasa internet Tencent Holdings menduduki orang terkaya ketiga di China.

Wang Jianlin telah membangun sejumlah pusat perbelanjaan dan taman hiburan di China sementara memperluas wilayah kekuasaannya cukup agresif dengan membeli perusahaan termasuk studio film Amerika. Aset Wang bahkan melebihi orang-orang dari Li Ka-shing, orang terkaya Hong Kong, konglomerat CK Hutchison Holdings.

Sebagian besar aset orang terkaya semakin besar melalui merger, akuisisi atau penggalangan dana. Alibaba, misalnya, memperoleh saham di Didi ChuXing, selain investasi di beberapa startups.

Tencent telah membeli pengembang game asal Finlandia Supercell. Nilai saham Tencent di pasar Hong Kong telah berkembang hingga 2 triliun dolar Hong Kong (USD257 miliar) mendekati Alibaba, sebagai perusahaan China nomor satu dalam hal kapitalisasi pasar.

Meskipun meningkat 15% dalam asetnya, Robin Li, pendiri dan kepala eksekutif penyedia mesin pencari Baidu, jatuh ke posisi kedelapan daftar orang terkaya. Hal ini sebagian disebabkan oleh anjloknya saham Baidu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9187 seconds (0.1#10.140)