Antam akhiri penambangan pasir besi di Kutoarjo

Rabu, 22 Januari 2014 - 19:19 WIB
Antam akhiri penambangan pasir besi di Kutoarjo
Antam akhiri penambangan pasir besi di Kutoarjo
A A A
Sindonews.com - PT Aneka Tambang (Antam) Tbk (ANTM) atau mengakhiri kegiatan penambangan pasir besi di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Penambangan Antam di Kutoarjo beroperasi lebih dari 25 tahun.

"Pengakhiran tambang ini bagian dari implementasi good mining practices. Ini juga merefleksikan komitmen Antam memberikan manfaat maksimal bagi seluruh pemangku kepentingan, sejak awal kegiatan operasi hingga proses penutupan tambang dan pasca kegiatan tambang berakhir," kata Direktur Umum & CSR Antam, I Made Surata di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Perlu diketahui, penambangan pasir besi di Kutoarjo yang dilakukan oleh Unit Pertambangan Pasir Besi (UPPB) Kutoarjo mulai berproduksi pada 1987, dan memasuki fase pasca tambang pada 2007. Pada November 2013 Antam mengakhiri kegiatan pasca tambang sesuai persetujuan Pemda Purworejo.

Pada fase pasca tambang, Antam menjalankan berbagai program pasca-tambang, yang meliputi kegiatan reklamasi, revegetasi, serta Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari pengelolaan lingkungan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Program-program tersebut dititikberatkan pada kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas petani dalam produksi pertanian, peternakan dan perikanan terpadu serta dalam pengelolaan kelompok usaha bersama dan lembaga keuangan mikro/koperasi.

Selain itu, pengembangan program pertanian terpadu menggunakan metode Low External Input Sustainable Agriculture melalui pemanfaatan limbah. Kemudian, pengembangan kelembagaan kelompok usaha bersama dan koperasi serta percontohan integrated farming system di lahan pasir.

"Program-program tersebut salah satu upaya Antam dalam mengembangkan perekonomian di Kutoarjo untuk menciptakan kesejahteraan berkelanjutan bagi masyarakat Kutoarjo," pungkas Made.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9240 seconds (0.1#10.140)