Citibank apresiasi peran perempuan kembangkan UMKM

Selasa, 11 Maret 2014 - 18:50 WIB
Citibank apresiasi peran perempuan kembangkan UMKM
Citibank apresiasi peran perempuan kembangkan UMKM
A A A
Sindonews.com - Merayakan Hari Perempuan Sedunia 2014, Citibank Indonesia melalui Citi Indonesia Women Council (IWC) memberikan penghargaan kepada delapan perempuan inspiratif pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia.

Proses identifikasi dan seleksi delapan perempuan inspiratif yang dianggap telah berhasil mendatangkan perubahan untuk diri mereka, komunitas serta lingkungannya dilakukan oleh Citi Indonesia bersama dengan UKM-Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Tahun ini PBB mengajak masyarakat dunia untuk menggunakan Hari Perempuan Sedunia sebagai momentum untuk mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh kaum perempuan serta merayakan keberanian dan kekukuhan mereka dalam memegang peran penting dalam komunitas mereka, dan bagaimana mereka memberikan kontibusi terhadap perekononian negara.

“Saat ini, perempuan memegang peran penting dalam pertumbuhan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi di Indonesia. Kami berharap melalui kegiatan apresiasi seperti ini, kontribusi positif serupa dapat tumbuh dan memotivasi lebih banyak perempuan di seluruh pelosok Indonesia,” ujar Ketua Citi IWC, Novita Djani, Selasa (11/3/2014).

Sejak 1998, UMKM terbukti telah memberikan kontribusi positif dan berperan penting dalam membangun perekonomian Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, peningkatan jumlah UMKM di Indonesia hingga pertengahan tahun 2013 mencapai 55,2 juta dan 60 persen di antaranya dikelola oleh perempuan. Hal ini mengukuhkan pentingnya peranan kaum perempuan dalam menyokong perekonomian Indonesia.

“Citi Indonesia memahami betapa pentingnya peranan perempuan di dalam pertumbuhan bisnis dan ekonomi bangsa,” kata Citi Country Officer Indonesia, Tigor M Siahaan.

Citi Indonesia juga bekerja sama dengan UKM-Center FEUI untuk memberikan pelatihan khusus tentang kewirausahaan dan kepemimpinan serta bantuan dana modal usaha kepada para perempuan pelaku UMKM yang diharapkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.9976 seconds (0.1#10.140)