Telkom fokus garap 500 ribu UMKM

Kamis, 13 Maret 2014 - 11:19 WIB
Telkom fokus garap 500 ribu UMKM
Telkom fokus garap 500 ribu UMKM
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berambisi mendekatkan layanan telekomunikasi dengan pengusaha, caranya fokus menggarap 500 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar bisnis UMKM menjadi pasar potensial yang terus dibidik perusahaan plat merah tahun ini. Telkom mengandalkan program SME Indonesia Bisa atau yang disingkat dengan SIB. Program ini lebih fokus menggarap sektor UMKM melalui tiga revenue driver.

River adalah Small Office Home Office (SOHO), Business Solution for Community (BSC) dan Digital Media Solutions. Khusus terkait BSC, EGM Divisi Business Service Telkom Yusron Hariyadi mengatakan, Telkom telah meluncurkan SIB guna meningkatkan kompetensi dan nilai kompetitif UMKM Indonesia menjadi lebih inovatif, produktif dan kreatif.

Dia mengatakan, dalam melakukan pemasaran produk di lokasi SIB, Telkom menerapkan Strategi Paradox Marketing-More For Less. Di mana pelaku UMKM akan mendapatkan banyak benefit dengan harga kompetitif.

"Kami menawarkan aplikasi dengan sistem biaya berdasarkan per-transaksi," ujar Yusron dalam keterangan resminya saat media gathering dan seminar di Sanur, Kamis (13/3/2014).

Intinya, Telkom menawarkan aplikasi yang akan memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya tetapi tanpa dibebani biaya yang mahal. Mereka tidak dibebani biaya bulanan tetapi berdasarkan transaksi yang ada.

Dari 100 sentra UMKM yang terpilih, diharapkan sebanyak 70 persen UMKM dapat menikmati layanan berbasis voice dan SMS (selular Telkomsel) serta 30 persen memanfaatkan aplikasi (hardware dan software).

Pada 2014, Telkom menargetkan 500.000 UMKM dan diharapkan dapat menjadi satu juta UMKM pada 2015. Khusus target kota Denpasar sebanyak 6.000 UMKM. Selain benefit tersebut, Telkom juga memberikan insentif kepada UMKM untuk mempromosikan UMKM dan produknya melalui directory servic secara gratis.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7758 seconds (0.1#10.140)