Cowell Akuisisi Saham Nusantara Prospekindo

Minggu, 13 Juli 2014 - 14:13 WIB
Cowell Akuisisi Saham Nusantara Prospekindo
Cowell Akuisisi Saham Nusantara Prospekindo
A A A
JAKARTA - PT Cowell Development Tbk (COWL) mengakuisisi sebanyak 84,99% atau 8.499 saham Nusantara Prospekindo Sukses (NPS) milik Smarthhome Properties Limited senilai Rp503,02 miliar.

Dalam keterangan perseroan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan bahwa akuisisi tersebut telah dilakukan pada akhir Juni 2014, namun dengan syarat transaksi tersebut baru efektif setelah mendapat persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 7 Juli 2014.

NPS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembeliaan, penjualan, persewaaan dan pengoperasian real estat yang dimiliki sendiri atau disewa. Adapun struktur permodalan dan pemegang saham sebelum transaksi ini, yakni perseroan sebanyak 15% dan Smarthome Properties Ltd mencapai 85%.

Adapun alasan perseroan melakukan akuisisi ini lantaran sesuai dengan kegiatan usaha COWL, yakni jasa, pembangunan dan perdagangan, terutama jasa pengelolaan gedung, pembangunan dan pengembangan perumahan serta perdagangan real estat.

Selain itu, seiring dengan rencana stratsgis perseroan yang terus mengembangkan dan ekspansi properti di Indonesia secara berkelanjutan dan kebijkan membangun kawasan superblok, termasuk beberapa bangunan komersil di wilayah Cikarang dengan luas sekitar 13 hektare (ha).

Transaksi tersebut merupakan transaksi material karena nilai transaksi akuisisi sekitar 42,5% dari nilai ekuitas perseroan per tanggal 31 Desember 2013 sebesar Rp1,18 triliun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5978 seconds (0.1#10.140)