CORE: Target Peningkatan Ekspor 300% Realistis

Kamis, 06 November 2014 - 15:39 WIB
CORE: Target Peningkatan Ekspor 300% Realistis
CORE: Target Peningkatan Ekspor 300% Realistis
A A A
JAKARTA - Pemerintah yang tergabung dalam Kabinet Kerja usungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki cara sendiri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dengan meningkatkan pertumbuhan ekspor hingga 300%.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Hendri Saparini mengatakan, target tersebut masih cukup realistis. Namun dengan syarat melakukan pendekatan efektif, melalui pencatatan segala praktik ekspor ilegal yang masih menjadi momok di negeri ini.

"Jadi tercatat (ekspor ilegal), walaupun belum ada peningkatan daya saing ekspor tetapi dalam pencatatan itu meningkat," ucap dia di Hotel JS Luwansa, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (6/11/2014).

Lebih lanjut Hendri mencontohkan, komoditas tekstil yang selama ini angka ekspor ilegalnya mencapai 70%. "Misalnya tekstil selama ini yang ilegal 70%. Pas dicatet naik berapa persen," tuturnya.

Selain itu, lanjut Hendri, Jokowi juga harus memiliki sektor prioritas yang akan dikembangkan untuk merealisasikan peningkatan target ekspor tersebut.

"Jangan sekedar memperbaiki (praktik) ilegal. Kemendag bersama Kemenperin dan Kementan harus punya basisnya mau ke mana. Ada prioritas sektor lah yang mau dikembangkan yang mana. Agar fokus," tandasnya.

Seperti diketahui, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan bahwa pihaknya akan meningkatkan target ekspor sebesar 300% hingga lima tahun mendatang.

(Baca: Basis Kebijakan Perdagangan Indonesia Tidak Jelas)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8203 seconds (0.1#10.140)