Mentan Yakin Swasembada Pangan Terealisasi 3 Tahun

Selasa, 21 April 2015 - 05:38 WIB
Mentan Yakin Swasembada Pangan Terealisasi 3 Tahun
Mentan Yakin Swasembada Pangan Terealisasi 3 Tahun
A A A
PALEMBANG - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ‎yakin bisa merealisasikan swasembada pangan dalam kurun waktu 3 tahun. Pada 2016, Indonesia tidak akan lagi impor beras.

"Swasembda kan janjinya tiga tahun. Saya optimistis bisa tiga tahun. Oleh karena itu, tahun ini kita berupaya keras untuk mencapai swasembada pangan," ujarnya di Palembang, Senin (20/4/2015)

Dia menjelaskan, untuk mempercepat swasembada pangan harus dimulai dari membenahi seluruh infrastruktur. Selain itu, dilakukan juga pembenahan‎ lahan, seperti perbaikan sodetan di lahan pasang surut.

Menurut Mentan, sodetan tersebut sangat efektif lantaran berfungsi untuk memperdalam aliran air sungai. "Jadi kita bangun atau perbaiki sodetan. Prinsipnya jangan biarkan lahan tidur, meskipun ini sudah dimanfaatkan tapi ingin dioptimalkan," paparnya.

‎Ketua Kelompok Tani Semoga Jaya Sungai Pinang, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumsel, Khasnuri berharap, pemerintah daerah dan menteri pertanian dapat memberikan bibit, pupuk dan juga obat untuk membasmi hama yang sering merusak tanaman mereka.

Menurut petani yang memiliki lahan seluas 3.500 meter ini, lahannya sering didatangi hama atau keong. "‎Ya, di sini keongnya tidak mati kalau dikasih obat. Makanya kita ambilin keong sama telur-telurnya," ujar Khasnuri.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan obat-obatan untuk pemusnah keong dan hama sawah lainnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3645 seconds (0.1#10.140)