Anggaran Cair, Ekonomi RI Kuartal II Kembali Sehat

Rabu, 06 Mei 2015 - 12:33 WIB
Anggaran Cair, Ekonomi RI Kuartal II Kembali Sehat
Anggaran Cair, Ekonomi RI Kuartal II Kembali Sehat
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo yakin bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II/2015 kembali sehat dan tak akan lesu seperti kuartal I/2015, karena anggaran baik untuk infrastruktur maupun belanja pemerintah dalam APBN 2015 sudah dapat dicairkan.

"Tetapi yang saya katakan, insya Allah kuartal II akan lebih baik. Karena kita tahu anggarannya sudah tersedia, proses penyediaannya sudah tersusun," katanya usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Agus mengungkapkan, jika pada kuartal II-IV terjadi percepatan belanja pemerintah, investasi, hingga pembangunan infrastruktur, maka pertumbuhan ekonomi akan lebih terjaga.

"Jadi kita lihat bahwa reformasi struktural yang dilakukan pemerintah, itu sesuatu yang perlu mendapatkan fokus dukungan, mulai dari pengalihan subsidi BBM, PTSP, pemberian kewenangan dari kementerian untuk PTSP itu bisa mempunyai kewenangan untuk beri izin, pembangunan infrastruktur, pembangunan listrik, itu bagus," imbuh dia.

Optimistis tersebut juga didasari komitmen pemerintah untuk menjaga fiskal agar tetap berkesinambungan, menjaga transaksi berjalan berada di tingkat yang lebih sehat, hingga upaya pemerintah untuk terus memberikan stimulus bagi kesehatan ekonomi Indonesia.

"Jadi, itu adalah langkah yang menurut saya baik. Tapi kita dari BI, hanya bisa berikan masukan dan terus mengikuti dan kami yakin kordinasi yang baik antara pemerintah dan BI akan menjamin terjadinya stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan," tandas Agus.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I/2015 hanya 4,7% (year on year). (Baca: BPS Umumkan Ekonomi RI Hanya Tumbuh 4,7%).

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Paruh II Diproyeksi Menggeliat
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4587 seconds (0.1#10.140)