Ragam Dekorasi untuk Hunian Minimalis

Rabu, 20 Mei 2015 - 09:06 WIB
Ragam Dekorasi untuk Hunian Minimalis
Ragam Dekorasi untuk Hunian Minimalis
A A A
TANPA sentuhan dekorasi, sebuah ruangan menjadi tidak menarik atau terkesan tanpa jiwa. Oleh karena itu, unsur dekoratif tak bisa dianggap sepele karena mampu menghidupkan hunian, terlebih lagi untuk hunian minimalis. Tatanan dekorasi selalu bisa memberikan tampilan rumah menjadi istimewa.

Dekorasi elemen ruangan seperti lantai, dinding, dan plafon merupakan bagian tak terpisahkan dan harus menjadi objek utama yang mendapatkan sentuhan khusus. “Pesona elemen ruangan harus dipengaruhi karakter material pelapisnya seperti corak, warna, dan tekstur.

Jadi, pemilihan material pelapis elemen ruang yang tepat menjadi kunci agar dekorasi ruangan tampil lebih menarik,” ucap desainer interior Susan Ochtari Yawhan. Ragam dekorasi untuk ruang minimalis bukan hanya sebatas pada furnitur, Anda pun bisa memainkan bagian lain, seperti menggunakan lantai dengan material granit atau tile yang memiliki kesan simpel namun tetap elegan. Selain memiliki warna dan tekstur yang artistik, juga bisa memberi nuansa hangat dan akrab di ruang kecil.

“Selain pemilihan material, perencanaan secara khusus akan membawa kesan artistik dan menarik di rumah minimalis. Misalnya, pemasangan material dengan corak, warna, dan tekstur, serta desain khusus di suatu area, akan membuatnya lebih menonjol,” papar Susan. Anda bisa memulainya dengan bermain pada permukaan lantai. Anda bisa memasang lantai dengan menggunakan pola diagonal atau lukisan mozaik. Bila lantai dipasang seperti ini, tentu akan memberikan kesan unik dan artistik.

Aplikasi perbedaan material atau ketinggian lantai, bisa jadi pilihan yang menandakan perbedaan ruang. Pemberian aksen di dinding bisa Anda tampilkan dengan memberi warna berbeda di bagian tertentu. Pilihan lain adalah dengan memberikan jenis pelapis yang berbeda yang menonjolkan ornamen atau tekstur tertentu, seperti wallpaper, batu alam, mozaik, kayu, dan bambu supaya terlihat lebih alami.

Kreasi pada plafon juga bisa membuat tatanan dekorasi rumah minimalis Anda semakin berbeda. “Desain plafon dengan bentuk khusus di ruangan tertentu, misalnya ruang keluarga bisa menjadi point of interest dan mampu memberikan kesan unity, plafon kayu atau menggunakan lukisan mural bisa menjadi pilihan yang pas,” lanjut Susan.

Selain pengolahan elemen ruangan, hunian dapat dipercantik dengan menambahkan elemen dekoratif. Dari sekian banyak elemen dekoratif yang ada, Anda bisa menambahkan elemen yang ringan, seperti vas bunga, cermin, lukisan, dan beberapa benda unik lainnya.

“Kehadiran cermin bisa menciptakan kesan lapang di ruangan, terutama di rumah yang tidak terlalu besar. Bayangan yang dipantulkan dari cermin bisa memberikan efek estetika tersendiri. Cermin yang dibingkai dengan cantik bisa menjadi penghias ruangan tanpa harus kehilangan fungsinya,” kata Susan.

Selain beberapa aksesori cantik tersebut, kehadiran soft furnishing pun mampu menambah kesan ruangan semakin meriah. Desain elemen ruang dan pemilihan elemen dekoratif sebaiknya saling melengkapi. Jika keduanya dipadukan secara tepat, hasilnya adalah ruang yang indah dan tentunya akan menjadi nilai lebih.

“Yang harus diingat sebelum menata bagian dalam rumah adalah tentukan gaya secara tepat dan selaraskan. Misalkan tentukan satu tema untuk keseluruhan ruangan, atau jika ingin membuat variasi lebih baik, pilih di bagian tertentu seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi,” kata Susan. Anda pun harus bisa memadukan desain dan pemilihan elemen dekoratif sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Misalnya, pola geometris bisa digunakan untuk memadukan gaya minimalis, dominasi hitam putih. Menampilkan aksen melalui corak, warna, atau tekstur elemen ruangan dan elemen dekoratif. “Aksen boleh saja dibuat sangat kontras dengan nuansa ruang sehingga menjadi point of interest,” sebut Susan. Nah, tunggu apa lagi, segera dekorasi rumah Anda agar tampil semakin menarik.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6716 seconds (0.1#10.140)