Harga Pertamax Ikut Sumbang Inflasi Mei

Senin, 01 Juni 2015 - 14:25 WIB
Harga Pertamax Ikut Sumbang Inflasi Mei
Harga Pertamax Ikut Sumbang Inflasi Mei
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, penyesuaian harga pertamax yang diatur dalam mekanisme harga minyak dunia, turut memengaruhi inflasi Mei 2015.

Menurutnya, kenaikan harga Pertamax punya andil di bawah 1%. "Pertamax sebenarnya enggak terlalu pengaruh ke inflasi, namun kuncinya itu ada di premium, karena konsumsi masyarakat terhadap BBM untuk rumah tangga kita terhadap premium masih 95%," jelasnya di kantor BPS, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Dia mengatakan, konsumsi masyarakat Indonesia terhadap pertamax hanya 3%-4%, sehingga andil terhadap inflasinya juga kecil. "Pokoknya pertamax dan pertamina dex itu kecil pengaruhnya, karena yang memakai juga tidak terlalu besar jumlahnya," paparnya.

Kendati demikian, BPS juga menyarankan kepada pemerintah untuk menjaga dengan betul harga pertamax. Sebab, konsumsi masyarakat terhadap BBM pertamax saat ini terus bergerak seiring perbedaan harga premium dan pertamax yang tak terlalu jauh.

"Kita harus melakukan penghitungan ulang terhadap konsumsi masyarakat terhadap pertamax karena saat ini banyak masyarakat yang beralih penggunaan bahan bakar dari premium ke pertamax. Maka, ini harus jadi perhatian pemerintah juga untuk jaga inflasi," tutup Sasmito.

Baca:

Pemerintah Wajib Waspadai Inflasi Juni

Inflasi Mei Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir

Cabai-cabaian Penyebab Utama Inflasi Mei 2015
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6580 seconds (0.1#10.140)