Tenang, Kenaikan Harga BBM Pertamax Tak Akan Mengerek Inflasi

Kamis, 24 Maret 2022 - 10:58 WIB
loading...
Tenang, Kenaikan Harga BBM Pertamax Tak Akan Mengerek Inflasi
Pengendara motor saat mengisi BBM di SPBU, Jakarta Timur. Kamis (3/3/2022). Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Seiring kenaikan harga minyak dunia, harga BBM (Bahan Bakar Minyak) Pertamax diusulkan naik mengikuti harga keekonomian. Hal ini dinilai perlu dilakukan untuk mengurangi beban keuangan Pertamina.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyatakan, kalaupun harga Pertamax dinaikkan, dampaknya terhadap inflasi tidak akan terasa karena jumlah penggunanya tidak sebanyak BBM jenis lain seperti Pertalite.

"Mengingat Pertamax ini segemented, maka seharusnya tidak memberikan dampak inflasi yang cukup signifikan. Saya kira masih aman untuk inflasi meskipun saat ini konsumsi Pertamax 12% dari total konsumsi nasional," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (24/3/2022).



Dia menjelaskan, Pertamax termasuk ke dalam BBM umum jika merujuk pada Perpres Nomor 119 tahun 2014, di mana harga BBM umum bervariasi mengikuti harga keekonomian.

Mamit bilang, ‘kedudukan' Pertamax ini sebenarnya sama seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. "Karena memang masuknya ke BBM umum, jadi sama (penentuan harganya)," ungkap Mamit.



BBM umum, sambung dia, tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Jika Pertamax dijual di bawah nilai keekonomian, artinya Pertamina menanggung rugi karena tidak mendapat kompensasi dari pemerintah.

Menurut Mamit, jika harga Pertamax naik dan masyarakat keberatan, masih ada BBM yang harganya lebih murah. "Masyarakat bisa menggunakan BBM jenis tersebut," tukasnya.



Sebagai catatan, nilai keekonomian BBM RON 92 seperti Pertamax dipatok Rp14.526 per liter. Sebagian besar SPBU menjual BBM RON 92 pada kisaran harga Rp11.000-14.000. Namun, Pertamina menjual Pertamax seharga Rp9.000-9.500 per liter.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)