Bank Danamon Diimbau Perbaiki Kredit Macet

Rabu, 29 Juli 2015 - 14:31 WIB
Bank Danamon Diimbau Perbaiki Kredit Macet
Bank Danamon Diimbau Perbaiki Kredit Macet
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengimbau PT Bank Danamon Tbk (BDMN) perbaiki rasio kredit macetnya, meningkat jadi 2,9% di semester I/2015 dari 2,1% periode yang sama tahun lalu.

Analis Pefindo Danan Dito menyarankan naiknya kredit macet emiten berkode BDMN ini harus menjadi perhatian direksi. Angka yang tinggi mencerminkan perlambatan ekonomi.

"Memengaruhi kinerja perseroan di semester I. Kita lihat nanti, naiknya kredit macet atau NPL dan tekanan profit akan memengaruhi peringkat atau tidak," ujarnya di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Di tempat yang sama, Analis Pefindo Hendro Utomo menyampaikan, tren rata-rata NPL perbankan 2,5%. Penyaluran kredit yang tidak berkualitas menyebabkan kenaikan.

Namun, perbankan mendapatkan stimulus baru. Salah satunya Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) yang telah longgar, seperti KPR non subsidi menjadi 35% dari 75%.

"Stimulus BI ke sektor keuangan lebih merangsang, lebih aktif di semester II. Ada 12 kebijakan, pelonggaran ATMR agar rasio kecukupan permodalan (CAR) baik," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6788 seconds (0.1#10.140)