DKI Jakarta Provinsi dengan Dana Mangkrak Terbesar

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 17:18 WIB
DKI Jakarta Provinsi dengan Dana Mangkrak Terbesar
DKI Jakarta Provinsi dengan Dana Mangkrak Terbesar
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan DKI Jakarta adalah provinsi dengan dana mangkrak daerah terbesar. Namun, dia tidak menyebutkan berapa besaran dana mangkrak di provinsi pimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini.

Pemerintah mengakumulasikan total dana simpanan pemerintah daerah (Pemda) sampai Juni 2015 sebesar Rp273,5 triliun. (Baca: Menkeu Bingung Pemda Endapkan Dana Rp273 T di Bank)

"Saya enggak mau sebut angka ya, itu rahasia negara. Ini kalau dilihat provinsi yang paling besar DKI Jakarta, terus tetangga kita Jawa Barat, di Sumatera ada Riau, Papua dan Kalimantan Timur," beber Bambang di Jakarta, Jumat (21/8/2015)

Dia mengklasifikasikan berdasarkan posisi lima besar kota di Indonesia yang dana idle-nya (mangkrak) masih menumpuk di bank daerah. Penumpukan ini pada akhirnya mengakibatkan pemda menyalurkan ke bank-bank BUMN.

"Untuk kabupaten, ada Kutai Kertanegara, Malang, Bengkalis, Berau dan Bogor. Sedangkan‎ untuk kota ada Surabaya, Medan, Cimahi, Tangerang dan Semarang," tambahnya. (Baca: Sejarah Pertama Anggaran Daerah Lebih Besar dari K/L)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7883 seconds (0.1#10.140)