Darmin Khawatir Rumah Tangga Ikut-ikutan Beli USD

Kamis, 27 Agustus 2015 - 12:20 WIB
Darmin Khawatir Rumah Tangga Ikut-ikutan Beli USD
Darmin Khawatir Rumah Tangga Ikut-ikutan Beli USD
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mulai khawatir lantaran rumah tangga mulai ikut-ikutan membeli dolar Amerika Serikat (USD). Akibatnya, permintaan USD semakin besar di tengah perlambatan nilai tukar rupiah terhadap USD.

Untuk itu, pemerintah pekan depan akan mengeluarkan paket kebijakan guna meredam gejolak nilai tukar rupiah. Hal ini mengingat perbaikan kondisi nilai tukar rupiah masih agak lambat. (Baca: Redam Rupiah, Jokowi Siap Keluarkan Paket Kebijakan Besar).

"Tapi sekarang ini sebenarnya yang agak‎ perbaikannya itu kurs. Pemerintah tidak ingin, karena persoalan ini berjalan terus kemudian rumah tangga mulai ikut-ikutan membeli dolar. Karena itu pemerintah mulai fokus menjalankan ini (paket kebijakan)," katanya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Sayangnya, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini masih enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai paket kebijakan tersebut. "Kita akan jelaskan. Tunggu saja jangan didesak dulu," imbuh dia.

Darmin menambahkan, pemerintah hingga saat ini masih akan tetap meminta agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan pembelian kembali (buyback) saham. "Itu tentu tetap ada yang berjalan," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6518 seconds (0.1#10.140)