Industri Dalam Negeri Dukung Proyek Listrik

Rabu, 11 November 2015 - 14:32 WIB
Industri Dalam Negeri Dukung Proyek Listrik
Industri Dalam Negeri Dukung Proyek Listrik
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, industri dalam negeri akan mendukung proyek transmisi listrik 46.000 kilometer (KM), demi mempercepat realisasi proyek listrik 35.000 megawatt (MW).

"Industri dalam negeri, mulai dari industri bahan baku, manufaktur dan industri pendukung lainnya akan menjadi pelaksana rencana pembangunan ini dalam rangka mencapai kemandirian nasional," kata dia di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (11/11/2015)

Saat ini, dia menambahkan, Kementerian Perindustrian telah memberikan ketentuan mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan melalui Peratutan Menteri Perindustrian Nomor 54 tahun 2012 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

"Melalui peraturan ini, pemerintah ingin menyediakan pangsa pasar untuk produsen mesin peralatan listrik dalam negeri. Indonesia memiliki kemampuan dan kapasitas yang memadai untuk mendukung program pembangunan tower transmisi 46.000 KM," tutur dia.

Industri-industri dalam negeri, yang tergabung dalam Asosiasi Pabrikan Tower Indonesia (Aspatindo), Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia (Apkabel) dan Indonesian Iron & Stell Industry Association (IISIA) telah menyatakan komitmen kesanggupan dalam mendukung program pemerintah tersebut.

"Karena itu, Kementerian Perindustrian berharap dan berupaya agar seluruh pemangku kepentingan pada program tower transmisi ini dapat mengoptimalkan kemampuan industri dalam negeri. Hal ini penting dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan Indonesia," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7112 seconds (0.1#10.140)