Mendag Yakin Harga Kebutuhan Pokok Segera Stabil

Rabu, 06 Januari 2016 - 19:09 WIB
Mendag Yakin Harga Kebutuhan Pokok Segera Stabil
Mendag Yakin Harga Kebutuhan Pokok Segera Stabil
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong meyakini harga pangan dan barang kebutuhan pokok lainnya akan kembali stabil pada akhir Januari 2016. Lonjakan yang terjadi pada periode Natal dan Tahun Baru diyakini hanya bersifat sementara.

Menurutnya, lonjakan harga tersebut akan mereda karena pada akhir Januari 2016 diperkirakan akan ada panen raya dan membuat stok pangan berlimpah.

"Lonjakan harga sementara berkaitan dengan musim libur akhir tahun dan cuaca. Cabai lebih banyak di sentra produksi. Akhir bulan ini akan mulai panen raya jadi lonjakan harga di cabai dan telur ayam sementara," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (6/1/2015).

Kendati demikian, lanjut Tom Lembong, tahun ini Indonesia masih akan dihadapkan pada bencana elnino yang akan mengganggu stabilitas harga dan pasokan komoditas pangan, khususnya pasokan beras di dalam negeri.

"Tapi tantangannya banyak. Contohnya elnino, barang primer seperti beras kebetulan secara regional stoknya lagi tipis. Mungkin tergantung dari komoditasnya. ayam, telur, cabai, saya yakin ini akan reda lagi," tandasnya‎.

Baca juga:

BBM Turun, Harga Kebutuhan Pokok di Daerah Justru Naik

Rincian Harga BBM dan Elpiji Terbaru

Harga BBM Turun, Angkutan Umum Enggan Turunkan Tarif
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5350 seconds (0.1#10.140)