Indef: ULN Naik Didorong Peningkatan Produksi Barang dan Jasa

Selasa, 19 Januari 2016 - 02:41 WIB
Indef: ULN Naik Didorong Peningkatan Produksi Barang dan Jasa
Indef: ULN Naik Didorong Peningkatan Produksi Barang dan Jasa
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listianto mengemukakan, pertumbuhan utang luar negeri (ULN) disebabkan peningkatan produksi barang dan jasa menjelang akhir tahun. Di mana BI melaporkan ULN pada November 2015 naik 3,2% (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada Oktober sebesar 2,5% (yoy).

"Ini juga dapat dilihat peningkatan ULN swasta terjadi di sektor industri, pertambangan, LGA, dan keuangan (penarikan kredit meningkat)," ujarnya, Senin (18/1/2016).

Menurut Eko, peningkatan produksi menjelang akhir tahun membutuhkan pembiayaan untuk berproduksi sehingga utang luar negeri naik. Dia memprediksi, utang luar negeri pada Desember akan meningkat seiring dengan penerbitan global bond pemerintah (USD3,5 miliar) dan peningkatan produksi di sektor swasta dengan adanya libur Natal dan Tahun Baru.

Namun, eko menyarankan pemerintah dan BI dengan utang luar negeri jangka pendek yang telah mencapai USD40,7 miliar, di mana 92,7% adalah utang luar negeri swasta, perlu terus dilakukan upaya meningkatkan kepatuhan melakukan hedging. Hal ini agar tidak membuat nilai tukar semakin rentan terhadap issue utang.

"Syarat bagi swasta dalam negeri yang tidak orientasi ekspor namun ingin pinjam utang luar negeri yang berdurasi pendek harus diperketat, agar risiko kurs dapat dikendalikan," tandas Eko.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8160 seconds (0.1#10.140)