Tax Amnesty Dinilai Bisa Menjadi Jebakan Batman

Kamis, 10 Maret 2016 - 12:03 WIB
Tax Amnesty Dinilai Bisa Menjadi Jebakan Batman
Tax Amnesty Dinilai Bisa Menjadi Jebakan Batman
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi Aviliani menilai, pengampunan pajak atau tax amnesty bisa menjadi jebakan batman, karena dapat melihat data keuangan perusahaan yang sudah membayarkan pajaknya.

Menurutnya, banyak pengusaha menanyakan keamanan data perusahaannya, sehingga tidak bocor keluar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika ada penyelewengan secara hukum dari uang yang diperoleh.

"Sekarang banyak tanya duit pajak sudah cair, datanya masuk, bisa ke masalah hukum. Jebakan batman apa bukan?" ujarnya di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Komisaris independen Bank Mandiri itu mengatakan, jika uang pajak dari perusahaan sudah masuk ke negara, tidak perlu ditanyakan detil darimana sumbernya. "Ketika duit masuk, data itu jangan digunain KPK atau polisi, cari tahu duitnya dapat darimana?" katanya.

Menurutnya, pemerintah bisa berkaca dari India yang sukses menerapkan kebijakan tax amnesty sehingga laju pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dari Indonesia.

"Ini sudah bagus, India punya tax amnesty, dulu pertumbuhan ekonominya di bawah kita, 4%, kita 5%. Pemerintah baru buat tax amnesty, perusahaan diundang bukan bayar pajak di depan saja tapi aturannya jelas, bukan tarik uang dari luar negeri tapi dalam negeri juga," pungkas Aviliani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)