Gaet Investasi Asing, BKPM Tak Tebang Pilih

Senin, 04 April 2016 - 11:57 WIB
Gaet Investasi Asing, BKPM Tak Tebang Pilih
Gaet Investasi Asing, BKPM Tak Tebang Pilih
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan, akan terus melakukan upaya untuk menggaet investasi asing (foreign direct investment/FDI) masuk ke Indonesia. Namun, BKPM tidak akan mengkhususkan investasi terhadap satu negara.

Kepala BKPM Franky‎ Sibarani menuturkan, hal ini lantaran tren di beberapa negara memiliki kecenderungan bahwa investasi tidak selalu tercatat berdasarkan asal negaranya. Misalnya, investasi yang masuk dari China ternyata asal perusahaannya bukan dari Negeri Tirai Bambu itu sendiri.

"‎China itu ada pergeseran mengenai asal negara. Jadi tidak sedikit investasi dari China yang kalau kita trase negaranya, itu tidak dari China sendiri. Kemarin saya ke warehouse, itu bahkan dari common island. Padahal itu jelas betul dari China. Kemudian ada banyak lagi yang lain," katanya di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Pihaknya akan tetap mengundang investasi dari berbagai negara namun tanpa melihat asal negaranya. Menurutnya, asal negara hanya untuk memudahkan untuk mendorong satu concern tertentu.

"‎Misalnya ada FTA, dukungan dari pemerintahnya, itu akan jauh lebih mudah. Tapi sekali lagi, sejauh ini tren negara itu lambat laun akan semakin bergeser. Tentu seperti Hongkong akan lebih meningkat, Singapura akan lebih meningkat. Seperti itu," tandas Franky.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7320 seconds (0.1#10.140)