Indonesia Harus Waspadai Tiga Risiko Global Ini

Senin, 06 Juni 2016 - 13:31 WIB
Indonesia Harus Waspadai...
Indonesia Harus Waspadai Tiga Risiko Global Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menyatakan, Indonesia harus waspadai tiga risiko global yang masih akan terjadi tahun ini. Tiga resiko tersebut diperkirakan akan menyebabkan gejolak untuk Indonesia.

Pertama adalah masih melemahnya ekonomi China yang diperkirakan berada di angka tidak lebih dari 7% atau 6,5%-7%. Dimana China merupakan mitra dagang utama Indonesia.

‎"Itu akan berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia. Ekspor paling banyak yang dilakukan ke sana yakni komoditas. Maka permintaan China atas produk ekspor kita melemah dan berpengaruh ke negara kawasan dan global‎," kata Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin (6/6/2016).

Kedua, yakni melemahnya harga komoditas yang yang menurut Bambang ini tidak akan berlangsung sebentar karena mencakup semua jenis komoditas.

"Karena rata-rata harga komoditas semuanya menurun dan belakangan juga ditambah dengan penurunan harga minyak bumi," kata dia.

Ketiga ialah ‎arus modal masuk dan keluar Indonesia yang terpengaruh pada risiko Fed rate high. Pada awalnya memang ada kemungkinan the Fed tidak akan menaikan suku bunga. Namun terjadi perubahan dengan data ekonomi Amerika Serikat.

"Data-data mereka menunjukkan perbaikan dan mulai ada ekspektasi kalau the Fed akan menaikan Fed Rate tahun ini. Ini tentu pengaruhnya ke pergerakan arus modal di negara emerging market termasuk Indonesia," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6841 seconds (0.1#10.140)