Pemkot Depok Sediakan 3.000 Sapi untuk Ramadhan dan Lebaran

Kamis, 09 Juni 2016 - 19:28 WIB
Pemkot Depok Sediakan 3.000 Sapi untuk Ramadhan dan Lebaran
Pemkot Depok Sediakan 3.000 Sapi untuk Ramadhan dan Lebaran
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Depok menyiapkan 3.000 ekor sapi untuk mencukupi kebutuhan daging selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016. Ribuan sapi itu didatangkan dari luar Depok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian dan Perikanan Tapos, Alvian mengatakan, sampai saat ini sudah tersedia 800 ekor sapi. "Tapi hingga akhir Ramadhan dan Idul Fitri kami siapkan 2.000 ekor lebih," kata dia, Depok, Kamis (9/6/2016).

Namun, hingga sepekan menjelang Lebaran sudah dipastikan akan tersedia hingga 3.000 sapi. Sapi-sapi itu berjenis brahman dan sapi lokal. Setiap hari, RPH Tapos memotong sekitar 50 ekor. "Kemudian didistribusikan ke sejumlah pedagang di pasar," katanya.

Sebanyak 3.000 ekor sapi itu diprediksi bisa memenuhi kebutuhan daging untuk dua juta orang. Di Depok ada dua RPH. Namun, untuk pemotongan kebutuhan Lebaran akan difokuskan ke RPH Tapos. "Karena RPH satu lagi di kawasan Pancoranmas dengan kapasitasnya agak kecil dari RPH Tapos," ujar dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok Etty Suryahati mengatakan, pasokan sapi untuk mencukupi kebutuhan daging Ramadhan dan Idul Fitri ini didatangkan juga dari daerah Jawa, Bali, NTT dan Australia.

Satu ekor sapi bisa menghasilkan 600-800 kilogram daging sapi murni yang didistribusikan ke seluruh wilayah di Depok melalui jalur pasar dan agen tertentu. "Jadi, hingga akhir bulan ini kami pastikan sekitar 2.000 ekor sapi akan tersedia, karena saat ini sekitar 800 sapi sudah dikantongi RPH," katanya.

Sementara, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengimbau warga Depok tidak panik menyikapi kondisi harga sapi saat ini. Pihaknya sudah mempercayakan RPH Tapos dan pasar-pasar binaan Pemkot Depok guna mendistribusikan daging secara merata bagi keperluan warga Depok.

"Meskipun Depok bukan lumbung sapi, tapi kami berupaya sekuat tenaga menyediakan sapi untuk kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)