Edukasi SNI Diperlukan Sejak Dini

Kamis, 16 Juni 2016 - 13:25 WIB
Edukasi SNI Diperlukan Sejak Dini
Edukasi SNI Diperlukan Sejak Dini
A A A
TANGERANG - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menilai masyarakat masih belum cerdas dalam memilih produk berstandar. Lantaran hal tersebut Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Humas BSN Budi Rahardjo menerangkan, edukasi tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) pun seharusnya dilakukan sejak dini.

(Baca Juga: SNI Award Dinilai Bakal Menambah Kepercayaan Konsumen)

Dia menambahkan produk-produk berbahan berbahaya dan belum teruji standarisasinya masih banyak beredar di tengah masyarakat. Menurutnya produk itu masih dijual karena publik yang masih membelinya. Hal ini terjadi karena masyarakat belum memahami tentang standardisasi keamanan, kesehatan dan keamanan suatu produk.

"Perkenalan SNI sejak dini harus digencarkan sejak dini. Sehingga masyarakat bisa semakin cerdas dalam memilih produk," katanya saat Mengedukasi Anak-Anak tentang SNI di Yayasan Yatim Piatu Al Ikhlas bersama Asia Sakti Wahid Foods di Ciputat, Kamis (16/6/2016).

Lanjut dia kalangan anak-anak mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA perlu dilibatkan dalam edukasi standardisasi. Terlebih anak-anak ialah sumber daya berharga sebagai penerus generasi masa depan. Melalui pengenalan standardisasi sejak anak-anak, lanjutnya, mereka diharapkan akan mengetahui dan memahami nilai dasar dari standar yaitu keteraturan, keamanan, keselamatan, kesehatan dan kerjasama.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan BSN Suparti Safrina Prasetya juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya BSN dalam melakukan edukasi kepada masyarakat tentang SNI. "Dengan kegiatan ini, para generasi penerus bangsa diharapkan mampu berkontribusi terhadap pengembangan standardisasi di Indonesia dan menularkan pada generasi muda berikutnya, begitu seterusnya," ujarnya.

Selain itu, mereka juga ikut berpartisipasi melalui berbagai edugames seperti lomba mewarnai maskot SNI, lomba menyusun Puzzle bertemakan “SNI di Sekelilingku” serta lomba detektif SNI untuk tingkat sekolah menengah, yang diharapkan mereka dapat mengidentifikasi langsung tanda SNI di berbagai barang kebutuhan sehari-hari.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6456 seconds (0.1#10.140)