OJK: Brexit Bikin Ketidakpastian

Senin, 27 Juni 2016 - 11:53 WIB
OJK: Brexit Bikin Ketidakpastian
OJK: Brexit Bikin Ketidakpastian
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) menimbulkan ketidakpastian terhadap pasar keuangan global. Tak terkecuali berdampak ke indeks saham di berbagai negara benua biru dan lainnya.

"Kalau kita lihat sekarang, Brexit itu sudah jelas UK sudah keluar dari Uni Eropa, di tingkat global ada ketidakpastian untuk sementara. Sehingga, itu biasanya memengaruhi market pasar modal," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Menurutnya, efek dari Brexit bahkan langsung terasa setelah adanya perhitungan cepat atau quick count hasil referendum pekan lalu. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuat tergerus dengan sentimen tersebut.

"Kita lihat kemarin begitu ada quick count UK keluar dari Uni Eropa itu memang dampaknya ke seluruh market. Di Indonesia juga berdampak terhadap penurunan indeks," kata dia.

Nurhaida menjelaskan, turunnya IHSG sebesar 0,82% masih lebih baik dibanding negara lain. Namun, investor tetap masih ingin ada kepastian setelah terjadinya Brexit.

Kendati demikian, kata dia, dampak Brexit ke pasar saham Tanah Air masih tergantung kondisi market. Jika sudah ada equilibrium baru, maka akan terjadi keseimbangan lagi.

"Tergantung bagaimana respons masing-masing market tapi pada saat equilibrium sudah terbentuk lagi, nah itu akan terjadi kestabilan lagi di market," pungkas Nurhaida.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)