Pengembang Optimistis Gaji ke-13 Dongkrak Transaksi DP Rumah

Selasa, 05 Juli 2016 - 22:02 WIB
Pengembang Optimistis Gaji ke-13 Dongkrak Transaksi DP Rumah
Pengembang Optimistis Gaji ke-13 Dongkrak Transaksi DP Rumah
A A A
DEPOK - Pengembang sektor perumahan optimis konsumen akan melakukan transaksi uang muka pembelian rumah setelah adanya tunjangan hari raya (THR), gaji ke-13 dan 14. Meski begitu Direktur PT Rolas Sapta Mandiri Abdul Khaer mengakui geliat sektor properti tengah lesu yang dipengaruhi banyak faktor.

"Kalau bulan ini, bisnis kita (perumahan) ikut berpuasa. Tapi, saya yakin dengan adanya THR, gaji ke-13 dan 14 maka bisnis ini akan bergeliat," ujar pengembang yang juga Direktur Perumahan Griya Bukit Mas ini di Depok, Selasa (5/7/2016).

Dia menambahkan selama ini masyarakat masih menahan diri untuk melakukan transaksi dalam pembelian perumahan. Salah satu penyebabnya lantaran masyarakat mempersiapkan diri menyambut datangnya masa pendaftaran murid baru. Menurutnya, masa masuk sekolah akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk persiapan perlengkapan sekolah maupun memasuki sekolah baru.

"Faktor utama penyebabnya adalah daya beli masyarakat yang masih rendah. Meski harga rumah dibanjiri promo dan suku bunga rendah, namun konsumen masih belum mampu melakukan akad rumah," terangnya.

Lanjut dia pihak perbankan juga telah berpihak di sektor properti. Salah satunya dengan menurunkan suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) dari sebelumnya rata-rata 10 % menjadi 9 %. Ia menilai saat ini suku bunga KPR di Indonesia masih setara dengan Thailand, yaitu berada di kisaran 10-20%.

Angka ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan suku bunga kredit tertinggi yang ada di Asean. "Untuk itu, masyarakat yang punya THR, gaji 13 dan 14 jangan ragu lagi segera buat DP rumah. Kapan lagi, mumpung ada kesempatan," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6221 seconds (0.1#10.140)