Kontraktor Raksasa Topang Produksi Migas Nasional

Rabu, 20 Juli 2016 - 11:54 WIB
Kontraktor Raksasa Topang Produksi Migas Nasional
Kontraktor Raksasa Topang Produksi Migas Nasional
A A A
BANDUNG - Produksi minyak dan gas bumi (migas) secara nasional tidak lepas dari sumbangan produksi para kontraktor raksasa. Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan, kenaikan lifting migas semester I/2016 karena peningkatan produksi Blok Cepu yang dikelola dua kontraktor besar.

Kepala Divisi Humas SKK Migas Taslim Yunus mengungkapkan, kontraktor raksasa pengelola Blok Cepu yakni ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Pertamina EP Cepu. Saat ini, Blok Cepu telah memiliki produksi minyak hingga mencapai 185 ribu barel/hari.

Taslim mengatakan, empat Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) skala besar seperti Chevron Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited, Total E&P Indonesia, dan Pertamina EP masih menjadi kekuatan utama dalam menyumbang produksi untuk capaian lifting minyak.

(Baca: Lifting Migas RI Semester I/2016 Lampaui Target)

Bahkan, kata dia, keempat kontraktor tersebut bisa menyumbang hingga 65% keseluruhan capaian lifting. "Jadi, empat ini berdampak pada sensitivitas dari lifting blok yang lain termasuk blok-blok tua. Sehingga, penurunan cadangan dan penurunan produksi sudah mulai tinggi," ujarnya dalam acara Media Gathering SKK Migas di Bandung, Rabu (20/7/2016).

Sementara, lanjut Taslim, hal yang sama juga terjadi untuk capaian lifting gas. Di mana para kontraktor besar yakni Total E&P Indonesie, BP Indonesia di Lapangan Tangguh, Conoco Phillip, dan Pertamina EP masih memegang porsi terbesar. Meski demikian, produksi Pertamina EP belum memenuhi target tahun ini.

"Namun tahun ini produksi Pertamina EP 14 ribu barel di bawah rencana. Makanya kami perlu revisi APBNP karena terbesar yang tidak bisa tercapai adalah Pertamina EP," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7939 seconds (0.1#10.140)