Luhut Tegaskan Reklamasi Pulau G Tak Bermasalah

Rabu, 07 September 2016 - 13:10 WIB
Luhut Tegaskan Reklamasi Pulau G Tak Bermasalah
Luhut Tegaskan Reklamasi Pulau G Tak Bermasalah
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa kegiatan reklamasi di Pulau G Pantai Utara Jakarta tidak bermasalah.

(Baca: Luhut dan Rizal Ramli Beda Pendapat Soal Reklamasi Pulau G)

Padahal, sebelumnya mantan Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyatakan bahwa reklamasi Pulau G masuk pelanggaran berat dan diminta untuk dihentikan.

Dia mengatakan, timnya telah melakukan rekayasa dan dipastikan bahwa seluruh unsur di lokasi reklamasi manageable. Kabel listrik dan cooling water PLTU Muara Karang pun tidak akan terganggu meskipun ada kegiatan reklamasi.

"Tadi sudah dilapor ke saya, mereka mau rapat lagi nanti sore, kemudian kita lihat beberapa hari ke depan. Enggak ada masalah, tadi dilaporin semua manageable," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

(Baca: Pelanggaran Berat, Rizal Ramli Batalkan Reklamasi Pulau G)

Mantan Menko bidang Politik Hukum dan Keamanan ini telah berdiskusi dengan PT PLN (Persero) dan pengembang dalam hal ini PT Muara Wisesa Samudra mengenai hal tersebut. Dia meyakini bahwa PLN tidak keberatan dengan kegiatan reklamasi di wilayah tersebut.

"Semua sudah jalan, sudah selesai. Tinggal saya masih mau ada sedikit detail supaya tuntas. Semua enggak ada yang ngomong. PLN sudah sudah. Ya, nanti minta data dulu ke mereka, ada beberapa hal yang difinalisasi nanti sore," imbuh Luhut.

Namun, mantan Kepala Staf Kepresidenan ini belum bisa memastikan reklamasi Pulau G dapat dilanjutkan atau tetap dihentikan. "Mana aku tahu (dilanjutkan atau tidak). Tapi saya lihat enggak ada masalah (di Pulau G)," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)