10 Universitas Pencetak Pengusaha Sukses

Rabu, 14 September 2016 - 23:50 WIB
10 Universitas Pencetak Pengusaha Sukses
10 Universitas Pencetak Pengusaha Sukses
A A A
CALIFORNIA - Bila Anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki kemampuan materi dan intelegensia, tidak ada salahnya Anda pergi ke Stanford University, University of California di Berkeley atau Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat.

Perguruan tinggi tersebut banyak menghasilkan pengusaha-pengusaha besar. Sebut saja William Hewlett dan David Packard, dengan bendera usaha Hewlett-Packard merupakan jebolan Stanford pada era 1930-an. Kampus ini bahkan berpengaruh besar terhadap kelahiran Silicon Valley, candradimuka industri digital Amerika.

Merujuk dari Business Insider, trio Vinod Khosla, Scott McNealy dan Andy Bechtolsheim, pendiri Sun Microsystem merupakan tamatan sekolah ini. Nama SUN adalah singkatan dari Stanford University Network. Kemudian ada pendiri Cisco, Intel, Yahoo! LinkedIn, Mozilla Firefox, dan Sergey Brin serta Larry Page, pendiri Google merupakan alumnus Stanford.

Sementara salah satu pengusaha jebolan MIT adalah Brewster Kahle, lulusan 1982 yang merupakan pendiri Alexa.

Melansir CNBC, Rabu (14/9/2016), perusahaan peneliti dan investasi PitchBook melansir 10 universitas pencetak para pengusaha besar. Riset PitchBook mengukur jumlah pengusaha atau pendiri perusahaan sepanjang periode 1 Januari 2006 hingga 15 Agustus 2016.

Hasilnya, selama satu dekade, Stanford University telah menelurkan lebih dari 1.000 pengusaha dengan total gabungan uang yang diraih mencapai USD18,1 miliar.

Terletak antara San Jose dan San Francisco di Negara Bagian California, Stanford mejadi embrio bagi kelahiran Silicon Valley. Jaringan dan komunitas mereka saling bergotong royong membantu lulusan baru untuk modal start-up dan mendapatkan pendanaan atas ide-ide mereka.

Sementara itu, University of California di Berkeley telah menghasilkan 997 pengusaha dan MIT telah menjebolkan 813 pengusaha dalam periode waktu yang sama.

Memang tidak semua pengusaha sukses lahir dari perguruan tinggi. Membangun fondasi yang kuat dan jaringan yang luas merupakan modal penting menjadi pengusaha sukses.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6300 seconds (0.1#10.140)