Pensiunan Industri Jadi Guru SMK Segera Direalisasikan

Selasa, 31 Januari 2017 - 15:05 WIB
Pensiunan Industri Jadi Guru SMK Segera Direalisasikan
Pensiunan Industri Jadi Guru SMK Segera Direalisasikan
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini tengah mematangkan rencana menggandeng industri untuk meningkatkan tenaga kerja berkualitas dan berdaya saing di Indonesia. Para pensiunan pelaku industri akan menjadi guru dan mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

(Baca:Kemenperin Dorong Pensiunan Industri Ciptakan Tenaga Kerja Berkualitas)

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar mengungkapkan, pada bulan ini pemerintah akan mulai mengimplementasikan program tersebut. Pemerintah akan melakukan pilot project penguatan vokasi industri pada pertengahan Februari 2017.

"Pilot project kita dorong di Jatim dalam waktu dekat di pertengahan Februari untuk mendorong bagaimana SMK dengan industri berkolaborasi," katanya dalam acara Indonesia Economic Outlook 2017 yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Adapun pilot project akan dilakukan PT Petrokimia Gresik di tujuh SMK di Jawa Timur, PT Astra Honda Motor di sembilan SMK di Banten dan Sulawesi Selatan, serta PT Polytama Propindo di empat SMK di Indramayu dan Cirebon. Pemerintah menargetkan, pada akhir 2019 akan dapat tercipta 1 juta tenaga kerja berkualitas melalui program penguatan vokasi industri ini.

"Kita juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan lima menteri tentang pengembangan pendidikan kejuruan dan vokasi berbasis kompetensi yang link and match dengan industri," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6613 seconds (0.1#10.140)