Harga Cabai Setan Tembus Rp140 Ribu/Kg

Rabu, 08 Februari 2017 - 22:09 WIB
Harga Cabai Setan Tembus Rp140 Ribu/Kg
Harga Cabai Setan Tembus Rp140 Ribu/Kg
A A A
PEKALONGAN - Harga cabai setan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) terus mengalami kenaikan. Bahkan, saat ini harga cabai itu sepedas rasanya, yakni tembus Rp140 ribu per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayur di Pasar Kajen, Uswanti, 35, mengatakan, saat ini harga cabai setan tersebut mencapai Rp140 ribu per kilogram (kg). Kenaikan itu sudah terjadi sejak dua hari terakhir.

"Dua hari ini tambah naik saja harganya. Sekarang sudah mencapai Rp140 ribu per kilogram," katanya di Kajen, Pekalongan, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, kenaikan harga cabai tersebut disebabkan cuaca yang masih tidak bersahabat dengan komoditas cabai. Sehingga terjadi kelangkaan akibat para petani yang gagal panen.

"Mungkin faktor cuaca yang masih sering hujan atau mungkin gagal panen. Sebab, hamanya cabai kan juga banyak. Jadi pasokan berkurang," ujar dia.

Akibatnya, jumlah pembelian masyarakat menjadi berkurang. Sehari, biasanya dia mampu menjual cabai setan hingga 5 Kg.

"Namun sekarang sehari paling hanya laku separonya saja, 2,5 kg saja. Itupun yang membeli kebanyakan pemilik warung saja, seperti pedagang nasi goreng, ketoprak atau pecel. Jadi saya juga tidak beran beli banyak-banyak, jadi paling cuma 2,5 kg saja, itu juga kadang ada yang busuk," terangnya.

Dia menjelaskan, untuk cabai rawit juga mengalami kenaikan. Kini harganya mencapai Rp80 ribu per kg. "Padahal sebelumnya hanya sekitar Rp30 ribu sampai Rp40 ribu setiap kilogramnya," ucap dia.

Sementara, salah satu grosir sayuran di Pasar Kajen, Winarti, juga mengatakan hal sama, yakni . Harga cabai setan hingga kemarin terus merangkak naik. "Sekarang harga cabai setan mencapai Rp125 ribu perkilogram," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga cabai sudah lama terjadi. Bahkan hingga kemarin belum pernah mengalami penurunan harga. "Cabai rawit Rp70 ribu/kg, kadang Rp69 ribu/Kg. Cabai merah standart antara Rp35 ribu-Rp40 ribu perkilogramnya. Kalau cabai merah besar Rp35 ribu/Kg, sedangkan cabai merah kriting Rp40 ribu/Kg," terangnya.

Kenaikan harga itu, lanjut dia, berimbas dengan penurunan jumlah pembelian cabai setan oleh pelanggannya. Sehingga dia juga mengurangi pembelian cabai setan.

"Pembeli tetap banyak, tapi pembeliannya berkurang. Yang biasanya beli Rp5 Kg, sekarang belinya cuma sekitar 3 Kg saja. Kalau pasokan cabai saya dari daerah pegunungan Banjarnegara, seperti Kalibening misalnya," tambah dia.

Masyarakat maupun pedagang berharap harga cabai bisa kembali menurun. Sehingga mereka tidak kesulitan untuk membeli salah satu komoditas yang digemari masyarakat Indonesia tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6263 seconds (0.1#10.140)