BI: USD Punya Keistimewaan yang Tak Dimiliki Mata Uang Lain

Sabtu, 18 Februari 2017 - 18:25 WIB
BI: USD Punya Keistimewaan yang Tak Dimiliki Mata Uang Lain
BI: USD Punya Keistimewaan yang Tak Dimiliki Mata Uang Lain
A A A
BANDUNG - Bank Indonesia (BI) menyatakan, mata uang dolar Amerika Serikat (USD) memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki mata uang negara lainnya. Hal ini lantaran USD merupakan mata uang yang dipakai seluruh dunia (hard currency).

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Yoga Affandi mengungkapkan, jika volatilitas terjadi pada USD maka investor akan tetap berminat untuk memiliki surat utang mereka. Apapun yang terjadi pada AS, kata dia, investor akan tetap tertarik memegang dolar.

"Kita enggak punya luxury seperti US, exorbitant privilege nerbitin surat utang yang dipegang saat krisis. Apapun yang terjadi orang tetap pegang USD," katanya dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi di Bandung, Sabtu (18/2/2017).

Sementara rupiah, katanya, tak memiliki keistimewaan yang dimiliki USD. Jika ekonomi Indonesia krisis, maka investor akan berbondong-bondong cabut dari Indonesia (capital outflow) dan menyebabkan rupiah melorot. "Rupiah bukan hard currency, China pun belum jadi hard currency," imbuh dia.

Karena itu, Yoga menilai bahwa Indonesia perlu menjaga fundamental ekonomi Indonesia agar tetap baik sehingga nilai tukar rupiah tidak selalu bergejolak. Beruntungnya, otoritas fiskal dan moneter yang ada di Indonesia selalu mengambil kebijakan yangh hati-hati (prudent) agar rupiah tidak selalu mengalami volatilitas.

"Sekarang fiskal juga jauh lebih prudent, target jauh lebih realistis, jadi enggak over confident dan malah under achievment. Ini yang akan menjadi kekuatan kita untuk bisa mengatasi berbagai macam volatilitas. Uang bisa keluar masuk tapi ketika fundamental baik kami yakin kurs bisa cukup terjaga," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5331 seconds (0.1#10.140)