Analis Sayangkan Eks Dirut Mandiri Tak Masuk 14 Calon DK OJK

Rabu, 29 Maret 2017 - 17:24 WIB
Analis Sayangkan Eks...
Analis Sayangkan Eks Dirut Mandiri Tak Masuk 14 Calon DK OJK
A A A
JAKARTA - Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menyayangkan sosok eks Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Zulkifli Zaini tak lolos jadi calon Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal, Zulkifli sebelumnya masuk tiga besar bersama Sigit Pramono dan Wimboh Santoso.

(Baca Juga: Analis Sebut Calon DK OJK Didominasi Birokrat
Menurutnya dengan segudang pengalaman di dunia jasa keuangan, Zulkifli pantas untuk menjadi orang nomor satu di OJK. Namun ternyata, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai kriteria sendiri sehingga tidak memilihnya.

"Pak Zaini enggak masuk ya. Dengan pengalaman waktu dia pegang BMRI, seharusnya ada peluang," ujar Reza Priyambada melalui pesan singkat kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Kendati demikian, dia menjelaskan, tidak ada persoalan dengan 14 nama yang sudah diserahkan oleh Jokowi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mereka diyakini bisa membuat hubungan OJK dengan stakeholder lebih baik lagi.

"Sebenarnya enggak masalah sih dengan komposisi seperti itu, yang jelas fungsi pelayanan kepada stakeholder harus ditingkatkan. Lebih peka terhadap kondisi riilnya," sambungnya

Jika bisa dekat dengan pelaku industri jasa keuangan, lanjut dia, maka para calon pejabat tinggi OJK ini bisa mengakomodasi segala kebutuhan di pasar. Sehingga, juga dapat membuat perekonomian stabil. "Kurang lebih seperti itu bisa mengakomodir kebutuhan di pasar. Terlebih lagi ya bisa dekat dengan para stakeholder," pungkasnya.

Sebagai informasi Zulkifli Zaini adalah seorang profesional Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (BNI). Sebelumnya, Zulkifli Zaini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)