Kopi Lintong Humbahas Dipromosikan di Belgia

Selasa, 11 April 2017 - 21:46 WIB
Kopi Lintong Humbahas Dipromosikan di Belgia
Kopi Lintong Humbahas Dipromosikan di Belgia
A A A
DOLOK SANGGUL - Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia di Brussel Belgia akan mempromosikan Kopi Arabika Lintong dalam salah satu kegiatan spektakuler di negara tersebut. Keikutsertaan kopi lintong diharapkan dapat memperluas pasar mancanegara untuk produk unggulan Humbang Hasundutan tersebut.

Kepala Bagian Keprotokolan Pemkab Humbahas, Jonny Gultom mengatakan bahwa dalam tiga hari terakhir, sejumlah perwakilan dari Kedubes RI di Belgia melakukan kunjungan di Humbahas. Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat langsung para petani kopi yang tersebar di beberapa kecamatan di Humbahas.

Kehadiran dari Belgia itu disambut baik Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor. Dalam pertemuan itu, Wahida yang merupakan perwakilan dari Kedubes RI memaparkan, bulan Mei besok di Brusel Belgia akan diadakan pameran kopi dari berbagai penjuru.

Wahida mengharapkan kopi asal Humbahas ikut ambil bagian dalam promosi. Tawaran Kedubes RI di Brussel Belgia itu langsung diamini Bupati Humbahas Dosmar Banjarmahor dan menyambut baik atas niat Kedubes Indonesia di Brusel Belgia.

“Apapun caranya, bagaimana aturannya, dalam hal memasarkan hasil pertanian dari Humbahas, kami akan tempuh demi kemajuan pertanian di Humbahas. Kami berterima kasih atas antusias Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Brussel Belgia. Atas peran sertanya yang akan mengikut sertakan kami dalam agenda tersebut, kami siap apa yang dapat kami perbuat,” ujarnya, Selasa (11/4/2017) di Doloksanggul, Sumatra Utara.

Pihak kedubes yang juga membawa salah seorang pakar kopi, Tejo Pramono yang mengatakan bahwa sebagai daerah yang baru berkembang memiliki beragam potensi unggulan seperti kopi, pariwisata, dan pertanian. Keseluruhannya dapat bersinergi untuk pengembangan daerah kedepan.

Secara khusus, untuk mempertahankan aroma dan citarasa kopi Humbahas, harus melakukan kajian bidang pelatihan serta pengembangan. “Kami sangat terkesan dengan kopi Humbahas, dan kami berharap kedepan produk kopi Humbahas ini jauh lebih baik lagi untuk kemanjuan daerah,” jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5252 seconds (0.1#10.140)