Gerakkan Industri Dalam Negeri, Tim TKDN Dibentuk

Rabu, 12 April 2017 - 13:56 WIB
Gerakkan Industri Dalam Negeri, Tim TKDN Dibentuk
Gerakkan Industri Dalam Negeri, Tim TKDN Dibentuk
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, pemerintah akan membentuk tim yang mengawasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Tujuannya untuk menggerakkan industri dalam negeri.

(Baca Juga: Wamen ESDM Arcandra Minta TKDN Diterapkan Saat Industri Siap
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, tim tersebut membuat perencanaan belanja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lebih transparan. Sehingga, bisa menggerakkan industri dalam negeri.

"Tadi dibahas satu tim yang akan memungkinkan perencanaan yang lebih transparan untuk belanja-belanja pemerintah terutama BUMN supaya industri dalam negeri yang digerakkan," ujarnya di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya apabila belanja BUMN lebih transparan, maka bisa menguntungkan produk lokal. Jadi, ujar Putu jangan sampai justru asing yang mengambil alih pergerakan di pasar.

"Supaya jangan sampai kita punya belanja tapi yang diuntungkan adalah asing. Padahal itu barang-barang yang bisa diproduksi di sini, tapi karena kebutuhan mendadak-mendadak seringkali ambil dari luar," terang dia.

Cara menggerakkan transparansi ini, Putu menyampaikan, produk yang dibuat harus sesuai dengan kebutuhan. Sebab, jika tidak cocok maka akan mempengaruhi biaya produksinya.

"Caranya bikin perencanaan yang baik dan benar, perencanaan saja. Misalnya mau ke Blok M ada rencana enggak pasti dari sini mau pakai ini, supaya jelas yang diperlukan, waktu delivery, tempat pengiriman semua jelas karena akan berpengaruh ke cost dari produksi tadi," pungkas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3379 seconds (0.1#10.140)