Sambut Idul Fitri, BI Palembang Siapkan Rp4,2 Triliun

Senin, 12 Juni 2017 - 23:12 WIB
Sambut Idul Fitri, BI Palembang Siapkan Rp4,2 Triliun
Sambut Idul Fitri, BI Palembang Siapkan Rp4,2 Triliun
A A A
PALEMBANG - Menjelang Idul Fitri, kebutuhan uang masyarakat dipastikan meningkat. Bank Indonesia (BI) lantas mempersiapkan uang sebesar Rp4,2 trilun bagi masyarakat di Sumatra Selatan.

Humas BI Perwakilan Sumsel, Narso, mengatakan untuk itu, pihaknya menjalin koordinasi dengan berbagai perbankan dalam pengadaan uang bagi masyarakat. "Persiapan kebutuhan uang di masyarakat sudah dipersiapkan dan diprediksi mencapai Rp4,2 triliun. Kebutuhan uang tersebut dipergunakan bagi transaksi langsung di masyarakat," terangnya, Senin (12/6/2017).

Menurut dia, prediksi ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Dan jelas Narso, ketersediaan uang ini dilakukan di perbankan yang ada di kota maupun di kawasan perairan Sumatra Selatan.

Adapun soal akses penukaran uang, BI membuka penukaran uang di kantor perbankan yang sudah ditunjuk, kantor BI, dan penukaran uang secara mobile.

Penukaran uang dengan menggunakan mobil keliling ini dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB). "Uang yang dipersiapkan juga cukup banyak, satu mobilnya mencapai Rp1 miliar," katanya.

Operasional penukaran mobile berlangsung pada 12-15 Juni 2017 dari pukul 08.00 wib-12.00 wib. Selama empat jam, BI mempersilakan masyarakat menukar uang secara gratis, tanpa biaya transaksi. Penukaran uang juga dilakukan guna memenuhi kebutuhan pecahan uang yang meningkat oleh masyarakat.

Pekan depan, BI kembali menggelar penukaran uang mobile yakni pada tanggal 19-22 Juni mendatang. Pantauan Koran SINDO, penukaran uang pada Senin (12/6) dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menukar pecahan mulai Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan juga Rp5.000.

Ria, warga 15 Ilir mengatakan, dirinya cukup terbantu dengan adanya penukaran uang oleh BI. Apalagi lokasinya tergolong cukup terjangkau, yaki kawasan Benteng Kuto Besak. Proses penukaran sempat mengantre, namun tetap terlayani.

"Tadi sempat ramai, tapi dapat juga pecahan uangnya. Bagus juga bagi masyarakat yang butuh uang lebih kecil, guna diberikan saat Idul Fitri," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)