Garam Langka, Harga Ikan Asin Melonjak

Rabu, 02 Agustus 2017 - 23:34 WIB
Garam Langka, Harga Ikan Asin Melonjak
Garam Langka, Harga Ikan Asin Melonjak
A A A
ACEH SELATAN - Kelangkaan dan mahalnya harga garam sejak sebulan belakangan ini di Aceh Selatan, Aceh, berdampak terhadap kenaikan harga ikan asin. Dan ujung-ujungnya, para pedagang ikan asing pun kesulitan menjual ikan asin sehingga berdampak terhadap omzet penjualan para pedagang.

Sebulan terakhir, harga garam sebagai bahan baku utama pembuatan ikan asin melambung hampir 100%. Untuk itu, para pedagang ikan asin pun menaikkan harga jual dagangan mereka.

Ernilawati, salah satu pedagang ikan asin di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan ini, terpaksa menaikkan harga jual ikan asin buatannya, dari semula Rp40.000 per kilogram menjadi Rp70.000 per kilogram. “Ya mau tidak mau kami menaikkan harga ikan asin biar tidak merugi. Karena harga bahan bakunya naik,” ujarnya kepada MNC Media, Rabu (2/8/2017).

Dan tidak sedikit para pedagang terpaksa mengurangi jumlah dagangannya karena sepinya pembeli imbas kenaikan harga ikan asin. Para pedagang ikan asin ini hanya bisa berharap pemerintah segera menormalkan kembali harga garam di pasaran.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3730 seconds (0.1#10.140)