KITE Bisa Kurangi Biaya Produksi

Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:21 WIB
KITE Bisa Kurangi Biaya Produksi
KITE Bisa Kurangi Biaya Produksi
A A A
JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mengatakan, di tengah pemulihan ekonomi global dan perbaikan pertumbuhan nilai ekspor Indonesia di sepanjang semester I/2017 yang tumbuh 14,03% secara year on year (yoy), pemberian fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) sangat bermanfaat bagi eksportir.

(Baca Juga: Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor)

Plt Direktur Eksekutif lndonesia Eximbank Susiwijono mengatakan, dengan KITE, eksportir akan terbebas dari bea masuk dan PPN atas bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor. Fasilitas ini akan mengurangi biaya produksi barang sekaligus mendukung proses birokrasi yang lebih cepat.

"Dengan biaya produksi yang lebih rendah diharapkan dapat mewujudkan harga produk ekspor Indonesia yang lebih kompetitif di pasar global," ujar Plt Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Susiwijono dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Karena itu, Indonesia Eximbank bersedia memberikan jaminan bagi Fasilitas KITE Pembebasan yang dimiliki eksportir kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Sebagai lembaga yang diberi mandat untuk menjalankan Pembiayaan Ekspor Nasional (PEN) dalam bentuk pembiayaan, penjaminan dan asuransi akspor, Indonesia Eximbank mendukung fasilitasi KITE melalui salah satu produk yaitu custom bond yang dikenal dengan jaminan kepabeanan.

Sementara, Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank Indra W Supriyadi yang membawahi unit pembiayaan UKM serta penjaminan dan asuransi menyampaikan, jaminan kepabeanan LPEI akan menjamin eksportir tidak mengeluarkan bahan baku impor dalam rangka ekspor keluar dari wilayah pabean berdasarkan waktu tertentu.

"Sampai saat ini, LPEI sudah memiliki sejumlah debitur custom band antara lain untuk eksportir yang bergerak di produk makanan dan plastic packaging," imbuh dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4218 seconds (0.1#10.140)