Astra Ventura Dukung UKM Naik Kelas

Rabu, 06 September 2017 - 04:12 WIB
Astra Ventura Dukung UKM Naik Kelas
Astra Ventura Dukung UKM Naik Kelas
A A A
JAKARTA - Industri usaha kecil menengah (UKM) kerap dianggap tulang punggung perekonomian negara. Namun, untuk benar-benar mengangkat UKM Indonesia menuju "naik kelas" alias berdaya saing global, salah satunya datang dari PT Astra Mitra Ventura alias Astra Ventura.

Salah satu fokus anak perusahaan Astra Grup itu agar UKM manufaktur komponen automotif Indonesia naik kelas, dengan terus mendukung inovasi dan sinergi. Hal ini diharapkan memberikan kesempatan para mitra usaha menunjukkan kualitas produksi dan kreativitas pengembangan produk mereka serta memunculkan peluang pasar bagi bisnis mereka dengan value chain Grup Astra.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto saat mengunjungi PT Laksana Tekhnik Makmur dan PT Rekadaya Kreasi Indonesia di Cileungsi, Jawa Barat, menekankan pada pentingnya inovasi dan sinergi. PT Laksana sendiri merupakan manufaktur komponen automotif original equipment manufacturer (OEM) metal dan plastik serta PT Rekadaya merupakan manufaktur komponen automotif non-woven felt.

PT Laksana Tekhnik Makmur telah mengembangkan bisnisnya dengan melakukan diversifikasi produk ke sektor maritim dan alat kesehatan. "Produk interior kapal yang dihasilkan PT Laksana Tekhnik Makmur saat ini bahkan telah dijadikan acuan standar bagi perusahaan kapal nasional yaitu PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP)," ujar Prijono dalam keterangan resmi, Selasa (5/9/2017).

PT Laksana Tekhnik Makmur semenjak menjadi mitra usaha Astra Ventura dan menjadi binaan YDBA telah naik kelas dari UKM kecil ke menengah. Serupa dengan PT Laksana, setelah mendapat pengembangan dan pelatihan, PT Rekadaya Kreasi Indonesia juga telah berhasil menjadi inisiator dan penemu Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk komponen peredam suara berbahan dasar tekstil.

PT Rekadaya berhasil menghasilkan bahan dasar tekstil dengan komposisi produk yang lebih kompetitif tanpa mengurangi kualitas peredam suara. PT Rekadaya sendiri telah berhasil naik kelas dengan pertumbuhan yang sangat pesat, yaitu dari UKM kecil dan sekarang menjadi perusahaan kategori besar.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), industri pengolahan sendiri mengalami pertumbuhan 4,21% pada triwulan I 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01% pada kuartal I tahun 2017.

Adapun data Kementerian Perindustrian, jumlah industri kecil menengah (IKM) bidang manufaktur mencapai 3,85 juta unit dengan kontribusi sekitar 60% terhadap kinerja total manufaktur nasional pada tahun 2017.

"Menjadi next level adalah goal dari setiap UKM, caranya dengan terus melakukan inovasi dan sinergi. Inovasi penting untuk meningkatkan competitiveness dari UKM, kami bertujuan agar IKM untuk memiliki pertumbuhan yang sustainable. Sehingga mereka bisa naik kelas dari kecil ke menengah, ataupun bahkan dari menengah ke besar," ujar Presiden Direktur Astra Ventura, Jefri Sirait.

Melalui program pengembangan serta pelatihan-pelatihan yang meningkatkan kompetensi dapat meningkatkan pertumbuhan mereka. Tapi tidak cukup hanya dengan inovasi, mereka perlu bersinergi dengan seluruh roda penggerak industri seperti pemerintah dan instansi terkait.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)