Ritel Asing Jadikan Indonesia Pasar Potensial

Minggu, 17 September 2017 - 03:30 WIB
Ritel Asing Jadikan Indonesia Pasar Potensial
Ritel Asing Jadikan Indonesia Pasar Potensial
A A A
JAKARTA - Meski pertumbuhan ritel melambat, namun Indonesia tetap menjadi pasar potensial ritel asing. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut tahun ini ada dua pembukaan gerai baru.

"Selain pemain lama, ada yang dari Turki, ada yang dari Jepang. Hanya yang dari Eropa belum masuk karena masih melihat kondisi ekonomi Indonesia," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, ritel asing atau lokal di hadapan pemerintah tetap sama. Sebagai wadah, Aprindo melihat ritel asing masuk sebagai keniscayaan dari globalisasi. Bagian dari market globalination, Asia Economic Community, WTO dan lainnya.

"Memang secara global semua negara membuka diri untuk adanya investasi asing. Karenanya Aprindo memandang bahwa satu keniscayaan sehingga dapat dijadikan evaluasi bagi ritel lokal," kata Roy.

Selain itu, masuknya ritel asing dapat dijadikan ajang kompetisi atau daya saing yang sehat. Sebab, jika tidak ada kompetitor menganggap ritel lokal yang terbaik.

"Kami berharap pelaku ritel asing mematuhi peraturan yang dibuat regulator. Baik daftat negatif investasi BBKM yang mengatur tentang luasan perusahaan asing," ujarnya.

Pihaknya berharap ritel asing tersebut mempekerjakan tenaga kerja lokal dan berupaya menjual produk Indonesia. Karena masuknya ritel asing ke Indoensia itu keniscayaan, apalagi jumlah penduduk Indonesia mencapai 255 juta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5159 seconds (0.1#10.140)