World Bank Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1% Tahun Ini

Selasa, 03 Oktober 2017 - 13:47 WIB
World Bank Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1% Tahun Ini
World Bank Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1% Tahun Ini
A A A
JAKARTA - World Bank (Bank Dunia) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2017 sebesar 5,1%. Besaran angka itu turun dari prediksi World Bank pada Juni 2017 lalu sebesar 5,2%.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengatakan bahwa Bank Dunia melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2017 sebesar 5,01% sama dengan triwulan-I 2017. Tingkat pertumbuhan, lanjutnya, telah stabil dan bertahan di kisaran 5% sejak triwulan I tahun 2014, lebih rendah dari yang tercatat pada awal dekade ini.

"Tingkat pertumbuhan ini menempatkan Indonesia di antara negara-negara besar yang pertumbuhannya paling cepat di dunia. Namun, tetap untuk percepatan adalah masalah yang perlu diperhatikan, mengingat lingkungan eksternal dan momentum reformasi kebijakan domestik yang baik," kata dia di Energy Building, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Menurutnya saat ini, pertumbuhan perekonomian global sedang membaik, perdagangan internasional pun meningkat, dan kondisi moneter di negara-negara maju tetap stabil selama triwulan terakhir. "Harga komoditas walaupun menurun selama kuartal kedua, tetap lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2016," ungkap Rodrigo.

Namun yang lebih penting lagi, fundamental ekonomi makro Indonesia dinilai Rodrigo menunjukkan perbaikan dan telah meningkat. Pasalnya pemerintah terus menerapkan reformasi struktural yang penting.

"Peningkatan peringkat baru-baru ini oleh Standard and Poor's mengenai sovereign credit rating dan meningkatnya peringkat Indonesia dalam Doing Business Bank Dunia mencerminkan fundamental yang terus meningkat," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8352 seconds (0.1#10.140)