Menkop UKM Klaim Koperasi Sumbang PDB 3,99%

Rabu, 18 Oktober 2017 - 00:11 WIB
Menkop UKM Klaim Koperasi Sumbang PDB 3,99%
Menkop UKM Klaim Koperasi Sumbang PDB 3,99%
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (Menkop UMKM) AA Gede Ngurah Puspayoga mengklaim pertumbuhan koperasi selama tiga tahun terakhir cukup signifikan. Sampai saat ini sektor koperasi dan UMKM menyumbang produk domestik bruto (PDB) sebesar 3,99%.

"Kami bersyukur bisa memecahkan prestasi. Selama ini sektor koperasi hanya mampu menyumbang PDB 1,1 %. Namun, akhirnya pecah telur dengan naik 3,999 %," ungkapnya saat paparan 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Selasa (17/10).

Selain itu, Puspayoga yang mantan Walikota Denpasar Bali dua periode itu menyebut, sektor usaha koperasi juga tumbuh. Sebelumnya hanya 1,55% meningkat menjadi 3,01 %. "Ini tidak lepas digalakanya pembangunan infrastruktur. Makanya, kami sangat mendorong dan agar fokus anggaran untuk infrastruktur," ungkap dia.

Dijelaskannya, pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara sangat membantu pelaku UKM. Karena untuk kelancaran distribusi barang. Bila transportasi lancar maka tansaksi lancar dan produksi juga meningkat.

Puspayoga juga menambahkan, pihaknya mendapat tugas oleh Presiden Jokowi melakukan reformasi total koperasi. Yaitu melakukan reorientasi koperasi, rehabilitasi dan pengembangan koperasi. "Reoritasi dibangun dengan pola tidak perlu banyak koperasi tapi sedikit berkualitas," katanya.

Sedangkan rehabikitasi koperasi, lanjut dia dengan cara membuat data base koperasi. Saat ini ada 40 ribu lebih koperasi yang dibubarkan. Ada 80 ribu koperasi sehat. Sisanya ada 75 ribu perlu dibina lagi untuk menjadi sehat. "Kita juga kerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyehatkan koperasi. Kalau nanti yang 75 ribu tidak bisa dibina maka dibubarkan lagi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0425 seconds (0.1#10.140)