Kemendag Sidak Konter HP di ITC Roxy Mas

Senin, 30 Oktober 2017 - 12:17 WIB
Kemendag Sidak Konter HP di ITC Roxy Mas
Kemendag Sidak Konter HP di ITC Roxy Mas
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ITC Roxy Mas, Jakarta. Inspeksi dilakukan di konter telepon selular (ponsel/HP) dan aksesoris HP di pusat barang elektronik tersebut.

Dari pantauan SINDOnews di lokasi, sidak dilakukan oleh Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kemendag Wahyu Hidayat sekitar pukul 10.30 WIB. Sidak dilakukan di tiga konter HP dan satu konter aksesoris HP di Roxy Mas.

Dia menginterogasi pedagang mengenai detail keterangan dan spesifikasi ponsel yang dijual di konter tersebut. Pasalnya, ditengarai ponsel-ponsel tersebut tidak mencantumkan keterangan mengenai HP tersebut secara lengkap, dan berpotensi merugikan konsumen.

"Kalau mau beli yang dicek. Label bahasa Indonesia ada enggak? Walaupun dipajang manual kartu garansi ada, label ada, jangan kosong kaya begini saja," katanya di lokasi, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Eko, pemilik konter HP Go Selular mengaku bahwa keterangan mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan logo IMEI sudah tercantum dalam kardus ponsel tersebut. Hanya saja, keterangan mengenai nomor pendaftaran garansi manual tidak tercantum.

Adapun merek ponsel yang masuk dalam pantauan adalah Oppo, Xiaomi, Zyrex, Samsung, dan i-Cherry. "Kalau dari ini TKDN 30% sudah, logo sudah IMEI. Tapi, saat transaksi enggak ada nomor pedandaftaran," ujar Wahyu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5799 seconds (0.1#10.140)