Ritel Mulai Berguguran, Distributor Tetap Berjualan

Rabu, 01 November 2017 - 18:51 WIB
Ritel Mulai Berguguran, Distributor Tetap Berjualan
Ritel Mulai Berguguran, Distributor Tetap Berjualan
A A A
JAKARTA - Industri ritel kini terus berguguran, banyak pengusaha mulai menutup sebagian atau semua gerai. Kendati demikian, kejadian ini tidak lantas membuat para distributor mereka berhenti jualan.

(Baca Juga: Pengusaha Ritel Akui Konsumen Lebih Pilih Toko Online)

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia Susanto mengatakan, para distributor industri ritel masih tetap jualan. Jika ada satu gerai yang tutup maka akan dialihkan ke yang lain.

"Barang paling gampang dijual di supermarket, bagaimana barang itu diminati konsumen. Jadi, kita enggak peduli, distributor produk jalan terus, offline dan online," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Menurut dia, pihaknya merupakan pemasok dari banyak jenis usaha ritel. Mulai dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti warung hingga masuk ke dalam mal.

"Buat pemasok, kami pemasok pasar modern, bawa barang dari produsen ke konsumen. Kami jual ke minimarket, supermarket, hypermarket, department store, pasar tradisional, warung juga boleh, jual dengan channel banyak," kata Susanto.

Pihaknya menyayangkan jika ada salah satu dari mereka yang bisnisnya lesu. Misalnya, di balik nama besar seperti 7-Eleven, si pemegang lisensi malah menutup semua gerai karena tak tahan dengan biaya operasional tinggi.

"Bagi kami ritel yang berguguran ini seperti 7-Eleven, Ramayana, Matahari. Sebenarnya brand 7-Evelen tinggi tapi kok bangkrut, kalau kita cek biaya sewa tinggi," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7810 seconds (0.1#10.140)