Genjot Transaksi Non-tunai di SPBU, Pertamina-BNI Lakukan Sinergi

Jum'at, 03 November 2017 - 14:15 WIB
Genjot Transaksi Non-tunai di SPBU, Pertamina-BNI Lakukan Sinergi
Genjot Transaksi Non-tunai di SPBU, Pertamina-BNI Lakukan Sinergi
A A A
SURABAYA - PT Pertamina (Persero) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk meresmikan program kerja sama join promo “Weekend Cashback Pertamax Series”.

Program ini menawarkan promo cashback Rp100.000 setiap transaksi bahan bakar khusus (BBK) Pertamax Series (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) sejumlah Rp1 juta (akumulatif) dengan menggunakan kartu kredit BNI di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) wilayah Jawa Timur setiap akhir pekan.

“Program ini adalah kerja sama join promo sinergi antara BNI dan Pertamina dengan tujuan untuk memasyarakatkan penggunaan transaksi non-tunai di SPBU yang juga menjadi bagian dari kampanye Gerakan Non-Tunai (GNT) dan cashless society,” ujar Area Manager Communication & Relations Jatimbalinus Rifky Rakhman Yusuf melalui keterangan tertulis, Jumat (3/11/2017).

Rifky menuturkan, saat ini transaksi tunai masih mendominasi dengan persentase 97% dan 3% non-tunai. Pertamina, kata dia, ingin meningkatkan transaksi non-tunai di seluruh SPBU yang dimiliki perusahaan, khususnya di wilayah MOR V Jatimbalinus. Melalui program promo bersinergi dengan BNI ini, lanjut dia, diharapkan, ke depan transaksi non-tunai di SPBU dapat meningkat sejalan dengan peningkatan penjualan bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi. Kerja sama ini, sambung dia, diharapkan juga dapat meningkatkan penjualan BBM non-subsidi.

Sebelumnya, Pertamina menyebutkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan terhadap penjualan BBK. Penjualan Pertalite hingga kuartal III/2017 tercatat melonjak hingga 245% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni dari 3 juta kiloliter (KL) menjadi 10,27 juta KL.

Penjualan BBM jenis Pertamax juga mencatatkan kenaikan sebesar 42%, dari 2,49 juta KL menjadi 4,8 juta KL pada p[eriode yang sama. Penjualan Pertamax Plus juga meningkat 27% dibanding tahun lalu. Sedangkan penjualan Pertamina Dex dan Dexlite mencatatkan kenaikan 32,5%.

Sementara itu, penjualan BBM jenis premium justru turun, di mana pada kuartal III/2017 hanya berkisar 5,49 juta KL atau turun 35% dari periode yang sama sebelumnya sebesar 8,46 juta KL.

Di bagian lain, Kepala BNI Kantor Wilayah Surabaya Slamet Djumantoro mengungkapkan, kerja sama ini adalah salah satu bentuk sinergi antar-BUMN. Kerja sama ini, imbuh dia, juga memberikan nilai tambah berupa keuntungan bagi nasabah BNI maupun para pelanggan setia Pertamina.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7176 seconds (0.1#10.140)